PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA PADA SISWA DI MTS PAKEL TULUNGAGUNG

MUHAMMAD HAFID AZHARI, 17201153464 (2019) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA PADA SISWA DI MTS PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf

Download (54kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (28kB)

Abstract

Abstrak Skripsi dengan judul “Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Siswa di MTs Pakel Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Hafid Azhari, NIM. 17201153464, pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci: Guru Aqidah Akhlak, Kenakalan Remaja Secara umum pendidikan merupakan pendidikan akhlak itu sendiri, karena pendidikan akhlak merupakan sarana untuk mengadakan perubahan secara mendasar yang membawa perubahan individu sampai ke akar-akarnya. Pendidikan akhlak memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan budi pekerti. Tujuannya adalah membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat, dan warga negara yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran guru aqidah akhlak dalam mengatasi kenakalan remaja pada siswa di MTs Pakel Tulungagung? (2) Bagaimana hambatan guru aqidah akhlak dalam mengatasi kenakalan remaja pada siswa di MTs Pakel Tulungagung? (3) Bagaimana dampak peran guru aqidah akhlak dalam mengatasi kenakalan remaja pada siswa di MTs Pakel Tulungagung?. Adapun tujuan Penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran guru aqidah akhlak sekaligus dampak dan hambatan yang dihadapi guru aqidah akhlak untuk mengatasi kenakalan siswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Untuk analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) peran guru sebagai pendesain pembelajaran, sebagai pendidik sekaligus pembimbing, sebagai penasehat sekaligus motivator, sebagai suri tauladan. 2) mengenai dengan hambatan yang dihadapi guru meliputi: hambatan dari lingkungan sekolah, hambatan dari lingkungan keluarga, hambatan dari teman bermain. 3) terkait dampak yang dihasilkan meliputi: dampak bagi siswa dengan siswa, dampak bagi siswa dengan guru, dampak bagi siswa, guru dan lembaga.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153464 MUHAMMAD HAFID AZHARI
Date Deposited: 25 Feb 2019 04:14
Last Modified: 25 Feb 2019 04:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10223

Actions (login required)

View Item View Item