PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS IV MI ISLAMIYAH PINGGIRSARI NGANTRU TULUNGAGUNG

Muchammad Faiz Abdillah, 2817133095 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS IV MI ISLAMIYAH PINGGIRSARI NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Kelas IV MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung” yang ditulis oleh Muchammad Faiz Abdillah ini dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata kunci : Kooperatif, Student Teams Achievement Divisions (STAD), hasil belajar. Salah satu permasalahan dalam pendidikan yang mengarah pada proses pembelajaran masih menjadi topik pembahasan saat ini. Beberapa tenaga pendidik di sekolah masih ada yang menyampaikan materi pembelajaran dengan metode ceramah, sehingga peserta didik kurang aktif dalam kegiatan belajar dan minat peserta didik untuk belajar menjadi rendah sehingga berdampak pada hasil belajar. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Student Teams Achievement Divisions (STAD) adalah bagian dari model pembelajaran kooperatif stuktural, yang menekankan pada struktur-struktur khusus, dirancang untuk memengaruhi pola interaksi siswa Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui hasil belajar Al-Qur’an Hadits antara yang menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Ekspositori (ceramah) terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits Peserta didik Kelas IV MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung, (2) mengetahui pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits Peserta didik Kelas IV MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung, (3) mengetahui seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits Peserta didik Kelas IV MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh. Sampel yang dipilih sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 18 peserta didik dan peserta didik kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 18 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes dan data dokumentasi. Hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah (1) penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi Al-Qur’an Hadits pokok bahasan hukum bacaan idghom bighunnah menunjukkan rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori (ceramah) dari hasil post test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 83 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata yang didapatkan yaitu 68. (2) ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits Peserta didik kelas IV MI Islamiyah Pinggirsari dengan uji t diperoleh thitung yaitu 3,071 dan ttabel = 1,691 pada taraf signifikansi 5% dan Sig. (2-tailed) = 0,02< 0.05. (3) Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas IV MI Islamiyah Pinggirsari sebesar 84% dan tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Faiz 2817133095 Faiz
Date Deposited: 20 Feb 2019 06:59
Last Modified: 20 Feb 2019 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10224

Actions (login required)

View Item View Item