UMI SAYIDATUS SUKRIYAH, 1725143296 (2019) PENGARUH MEDIA GRAFIS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA PADA MIN Se-KECAMATAN PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (787kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Umi Sayidatus Sukriyah, 1725143296, Pengaruh Media Grafis terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA pada MIN se- Kecamatan Ponggok Blitar. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Media Grafis, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa karena pembelajaran masih bersifat konvensional dan belum maksimalnya pemanfaatan media grafis dalam pembelajaran. Sehingga peneliti melakukan penelitian terkait penggunaan media grafis dalam pembelajaran untuk mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah : (1) Adakah pengaruh penggunaan media grafis terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran IPA pada MIN se-Kecamatan Ponggok Blitar?, (2) Adakah pengaruh penggunaan media grafis terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pada MIN se-Kecamatan Ponggok Blitar?, (3) Adakah pengaruh penggunaan media grafis terhadap motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pada MIN se-Kecamatan Ponggok Blitar? Tujuan penelitian : (1) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media grafis terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran IPA pada MIN se-Kecamatan Ponggok Blitar, (2) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media grafis terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pada MIN se-Kecamatan Ponggok Blitar, (3) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media grafis terhadap motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pada MIN se-Kecamatan Ponggok Blitar. Metode penelitian yaitu non eksperimen, teknik sampling menggunakan teknik probability sampling dengan proportionate stratified random sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MIN se- Kecamatan Ponggok Blitar yang berjumlah 929 siswa, sampel yang diambil adalah siswa kelas 4, 5 dan 6 MIN se Kecamatan Ponggok Blitar berjumlah 93 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t dan Anova 2 jalur (Manova), yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian : (1) Hasil uji t angket motivasi diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,038 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan media grafis terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran IPA pada MIN se- Kecamatan Ponggok Blitar, (2) Hasil uji t nilai UAS IPA diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,040 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan media grafis terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pada MIN se- Kecamatan Ponggok Blitar, (3) Hasil uji Anova 2 jalur (Manova) angket motivasi dan nilai UAS IPA diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,009 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan media grafis terhadap motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pada MIN se- Kecamatan Ponggok Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143296 UMI SAYIDATUS SUKRIYAH |
Date Deposited: | 25 Mar 2019 01:49 |
Last Modified: | 25 Mar 2019 01:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10282 |
Actions (login required)
View Item |