PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRIT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS RENDAH DI MIN KUNIR WONODADI BLITAR

UMI CHOFSHOH, 1725143293 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRIT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS RENDAH DI MIN KUNIR WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas Rendah MIN Kunir Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Umi Chofshoh, NIM. 1725143293, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Media Benda Konkret, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya penggunaan media benda konkret dalam kegiatan belajar mengajar. Media benda konkret itu sendiri dapat diperoleh dari sekitar kita yang sesuai dengan materi pokok yang akan dipelajari. Media benda konkret tersebut mempunyai peranan cukup penting terutama untuk siswa kelas rendah agar mendapatkan banyak informasi dengan adanya interaksi dengan obyek nyata dan menarik, sehingga pemahaman anak terhadap materi baru lebih mudah terbentuk. Dengan penggunaan media benda konkret tersebut dipercaya dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab agar hasil belajar yang didapat siswa juga lebih baik lagi. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana pengaruh media benda konkret terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas rendah MIN Kunir Wonodadi Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh penggunaan media benda konkret terhadap minat belajar siswa kelas rendah pada mata pelajaran bahasa Arab MIN Kunir Wonodadi Blitar? (2) Adakah pengaruh penggunaan media benda konkret terhadap hasil belajar siswa kelas rendah pada mata pelajaran bahasa Arab MIN Kunir Wonodadi Blitar? (3) Adakah pengaruh penggunaan media benda konkret terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas rendah pada mata pelajaran bahasa Arab MIN Kunir Wonodadi Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas rendah dari kelas I-III MIN Kunir Wonodadi Blitar yang berjumlah 174 siswa dengan pengambilan sampel seluruh siswa kelas II dan III yang berjumlah 112 siswa. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran angket. Selain itu peneliti melakukan pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis multivariate (MANOVA) dengan bantuan software SPSS for windows versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media benda konkret berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa kelas rendah MIN Kunir Wonodadi Blitar. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai Thitung = 3,302 > Ttabel = 1,662 pada signifikansi 0,001 < 0,05 yang artinya media benda konkret memiliki pengaruh yang tergolong tinggi terhadap minat belajar siswa kelas rendah. (2) media benda konkret berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas rendah MIN Kunir Wonodadi Blitar. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai nilai Thitung = 5,820 > Ttabel = 1,662 pada signifikansi 0,001 < 0,05 yang artinya media benda konkret memiliki pengaruh yang tergolong tinggi terhadap hasil belajar siswa kelas rendah. (3) Hasil penelitian dengan analisis multivariate (MANOVA) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan media benda konkret terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas rendah MIN Kunir Wonodadi Blitar. Hal ini dapat dilihat dalam tabel multivariate test, diperoleh nilai sig 0,00 < 0,05 yang artinya data yang ada tersebut memiliki hasil signifikan yang tinggi pada level kepercayaan 95%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143293 UMI CHOFSHOH
Date Deposited: 11 Apr 2019 06:44
Last Modified: 11 Apr 2019 06:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10429

Actions (login required)

View Item View Item