PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SDI AL-HAKIM MARON BOYOLANGU TULUNGAGUNG

IMAROTUL CHOIROH, 17205153284 (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SDI AL-HAKIM MARON BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (881kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi pembelajaran Dengan Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDI Al-Hakim Maron Boyolangu Tulungagung” Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, ini ditulis oleh Imarotul Choiroh, NIM. 17205153284, Pembimbing Dr. Luk Luk Nur Mufidah, M.Pd. Kata Kunci: Pemberian reward dan punishment, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, peneliti menerapkan reward dan punishment dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDI Al-Hakim Maron Boyolangu Tulungagung pada kelas IV. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Apakah ada pengaruh strategi pembelajaran dengan pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa SDI Al-Hakim Maron Boyolangu Tulungagung? 2) Seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran dengan pemberian reward dan punishment terhadap motivsi belajar siswa SDI Al-Hakim Maron Boyolngu Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengaplikasikan pengaruh strategi pembelajaran dengan pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa SDI Al-Hakim Maron Boyolangu Tulunggung. (2) untuk mengaplikasikan besar pengaruh strategi pembelajaran dengan pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa SDI Al-Hakim Maron Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini mengggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian quasi eksperimental design (eksperimen semu) dengan model desain yang digunakan adalah non equivalent posttest-only control group designs. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDI Al-Hakim Maron Boyolangu Tulungagung yang berjumlah 230 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil analisis Independent sample t-test angket motivasi diperoleh nilai sig. sebesar 0,000. Nilai Sig. < 0,05 maka Ha diterima, artinya ada pengaruh strategi pembelajaran dengan pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa SDI Al-Hakim Maron Boyolangu Tulungagung. Jadi dapat disimpulkan ada pengaruh strategi pembelajaran dengan pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa SDI Al-Hakim Maron Boyolangu Tulungagung. (2) Besar pengaruh strategi pembelajaran dengan pemberiaan reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SDI Al-Hakim Maron Boyolangu Tulungagung sebesar 95,5% tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: SKRIPSI 17205153284 IMAROTUL CHOIROH
Date Deposited: 15 Apr 2019 07:19
Last Modified: 31 Mar 2020 08:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10449

Actions (login required)

View Item View Item