PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

RISQI ISNA AMALIYAH, 17201153259 (2019) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (822kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (449kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (784kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB VI .pdf

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Risqi Isna Amaliyah, NIM: 17201153259. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul: “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Mts Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, Program S1, Program Studi PAI, IAIN Tulungagung, Dosen Pembimbing: Muhamad Zaini, M.A, NIP. 197112281999031002. Kata kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi karena masih dijumpai siswa yang kesulitan dalam mengenali gaya belajarnya. Adanya kemampuan guru yang berbeda dalam menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan siswa. Gaya belajar merupakan kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan, sekolah dan dalam situasi antar pribadi. Gaya belajar akan mepengaruhi seseorang dalam menyerap dan mengolah informasi sehingga akan mepengaruhi hasil yang dicapai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah ada pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil belajar Aqidah Akhlaq siswa MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. (2) Apakah ada pengaruh gaya belajar auditori terhadap hasil belajar Aqidah Akhlaq siswa MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. (3) Apakah ada pengaruh gaya belajar kinestetik dengan hasil belajar Aqidah Akhlaq siswa MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. (4) Apakah ada pengaruh gaya belajar visual, auditori, kinestetik terhadap hasil belajar Aqidah Akhlaq siswa MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk menjelaskan pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil belajar Aqidah Akhlaq siswa MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar Aqidah Akhlaq siswa MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk menjelaskan pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar aqidah akhlaq siswa MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. (4) Untuk menjelaskan pengaruh gaya belajar visual, auditori, kinestetik terhadap hasil belajar Aqidah Akhlaq siswa MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto korelasional. Dalam penelitian ini menggunakan sampel yaitu 65 siswa MTs Darul Falah. Metode pengambilan data menggunkan kuesioner model skala likert untuk mengetahui jenis gaya belajar siswa, sedangkan variabel hasil belajar Aqidah Akhlak menggunakan dokumentasi sekolah berupa nilai raport. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan uji-t, uji F, dan uji koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara gaya belajar visual terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa MTs Darul Falah Bendiljati Kulon. Dari hasil uji t di peroleh: xxi thitung> ttabel (2,135> 1,910). (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara gaya belajar Auditori terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa MTs Darul Falah Bendiljati Kulon. Dari hasil uji t di peroleh: thitung> ttabel (2,451> 1,910 (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara gaya belajar Kinestetik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa MTs Darul Falah Bendiljati Kulon. Dari hasil uji t di peroleh: thitung> ttabel (2,127> 1,910). (4) Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditori, Gaya Belajar Kinestetik secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak Siswa MTs Darul Falah Bendiljati Kulon. Hal ini dapat di buktikan melalui analisis regresi ganda yang diperoleh: Fhitung> Ftabel (15,613> 2,75)

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153259 RISQI ISNA AMALIYAH
Date Deposited: 15 Apr 2019 08:13
Last Modified: 15 Apr 2019 08:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10462

Actions (login required)

View Item View Item