MUHAMMAD ABID ALHAQQI, 1721143271 (2019) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN TERHADAP PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS SISWA DI MTS AL-MA’ARIF PONDOK PANGGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (600kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (350kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (144kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Keagamaan Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Religiusi Siswa Di MTs Al-Ma’arif Pondok Panggung Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Abid Al Haqqi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidkan Agama Islam, Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Kata Kunci: Kegiatan Ekstrakulikuler Keagamaan, Nilai-Nilai Religius Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan Agama Islam secara efektif, selain diberikan dalam jam intrakurikuler, juga hendaknya dilakukan di luar jam pelajaran dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler Agama Islam. Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan sebagai program pengayaan dan memberikan bantuan dalam mengaplikasikan materi pelajaran yang diberikan di dalam kegiatan intrakurikuler. Sasaran kegiatan Pendidikan Agama Islam harus menyentuh aspek kognitif, apektif dan psikomotorik, dapat diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun beban belajar yang cukup berat bagi guru Pendidikan Agama Islam, itulah sebabnya kegiatan ekstrakurikuler keagamaan menjadi alternatif penanaman waktu untuk memperkaya materi pelajaran dalam bentuk praktis. Rumusan Masalah adalah adalah: 1) Adakah pengaruh ekstrakulikuler keagamaan hadrah terhadap penanaman nilai-nilai religuis siswa? 2) Adakah pengaruh ekstrakulikuler keagamaan qiro’ah terhadap penanaman nilai-nilai religuis siswa? 3) Adakah pengaruh ekstrakulikuler keagamaan hadrah dan keagamaan qiro’ah terhadap penanaman nilai-nilai religuis siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian non eksperimental. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (X1) yaitu Ekstrakulikuler hadrah, (X2) yaitu Ekstrakulikuler qiro’ah dan variabel terikat (Y) yaitu penanaman nilai-nilai religius. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan datanya adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji r dan uji F. Hasil penelitiannya adalah 1) Ada pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan hadrah terhadap Penanaman Nilai-nilai Religius di MTs Al-Ma’arif Pondok Panggung Tulungagung, dibuktikan besarnya koefisien korelasi hal ini menunjukkan bahwa hubungan dalam kategori tinggi. 2) Ada pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan terhadap Penanaman Nilai-nilai Religius di MTs Al Ma’arif Pondok Panggung Tulungagung, karena nilai menunjukkan besarnya koefisien korelasi hal ini menunjukkan bahwa hubungan dalam kategori tinggi 3) Ada pengaruh ekstrakulikuler keagamaan hadrah dan keagamaan qiro’ah terhadap penanaman nilai-nilai religius siswa, dibuktikan dari hasil perhitungan F hitung (214.503) > Ftabel (3.443) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji serempak (uji F) diperoleh nilai 0,000, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang ditetapkan (0,000 < 0,05).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143271 MUHAMMAD ABID ALHAQQI |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 04:01 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 04:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10505 |
Actions (login required)
View Item |