PENGARUH METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MTs SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NIHAYATUS SA’ADAH, 17201153199 (2019) PENGARUH METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MTs SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (975kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Diskusi dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Nihayatus Sa’adah, NIM. 17201153199, pembimbing Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci: Metode diskusi, minat belajar, hasil belajar Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya pemahaman mendalam pada materi pelajaran aqidah akhlak pada siswa, khususnya siswa usia remaja seperti siswa MTs Sultan Agung Jabalsari ini. Materi pelajaran ini dapat dihantarkan menggunakan metode belajar, dimana metode belajar sebagai cara untuk memunculkan minat belajar pada siswa dan kemudian membantu terwujudnya suatu tujuan pembelajaran yang lebih maksimal. Dalam persoalan ini peneliti menghubungkan antara metode diskusi yang diterapkan dalam pembelajaran aqidah akhlak dengan minat dan hasil belajar siswa MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh metode diskusi dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap minat siswa MTs sultan agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun 2018?, (2) Adakah pengaruh metode diskusi dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap hasil belajar siswa MTs sultan agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun 2018?, (3) Adakah pengaruh metode diskusi dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap minat dan hasil belajar siswa MTs sultan agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun 2018?. Skripsi ini diharapkan bermanfaat bagi kepala sekolah MTs Sultan Agung Jabalsari sebagai masukan bagi kepala sekolah dalam upaya mengembangkan, meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan belajar mengajar. Bagi guru MTs Sultan Agung Jabalsari khususya guru aqidah akhlak diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan, untuk senantiasa meingkatkan kompetensi dan tolak ukur dalam pemilihan metode pembelajaran, terutama pada mata pelajaran aqidah akhlak. Bagi siswa, diharapkan siswa mampu memotivasi dirinya untuk lebih berminat dalam mengikuti kegiatan belajar. Serta lebih meningkatkan keseriusan dan mengikuti arahan guru dengan baik saat proses belajar, agar tujuan dari proses belajar mengajar dapat tercapai dengan maksimal. Dan bagi pembaca, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai penambahan wawasan dan pemahaman tentang metode pembelajaran, terutama pada metode diskusi. Selain itu juga wawasan mengenai pengaruh metode diskusi terhadap minat dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh metode diskusi dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap minat siswa MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun 2018, dengan cara membandingkan t-hitung dengan t-tabel di peroleh 2.331 ≥ 1.668 dengan nilai taraf signifikansi 0.022 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh metode diskusi dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap hasil belajar siswa MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun 2018., dengan cara membandingkan t-hitung dengan t-tabel di peroleh 3.414 ≥ 1.668 dengan taraf signifikansi 0.001 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh metode diskusi dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap minat dan hasil belajar siswa MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun 2018, di peroleh dari hasil analisis dari prosedur Roy’s Largest Root menunjukan angka signifikansi menunjukan 0.04 < 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153199 NIHAYATUS SA’ADAH
Date Deposited: 24 Apr 2019 01:54
Last Modified: 24 Apr 2019 01:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10539

Actions (login required)

View Item View Item