PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

Riza Kurnia Silfi, 17209153011 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (716kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (849kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (677kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Riza Kurnia Silfi, NIM. 17209153011, pembimbing Drs. H. Jani, MM., M.Pd. Kata Kunci: Inkuiri, Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi belajar IPS di sekolah, yang motivasi kurang dan hasil belajar yang rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui model pembelajaran inkuiri terbimb ing. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam proses belajar mengajar di harapkan dapat membantu memotivasi serta dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar IPS, sehingga motivasi dan hasil belajar siswa meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Apakah ada pengaruh model pembelajran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. 2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. 3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung yang berjumlah 350 siswa. Sampel penelitian yaitu kelas VII- H dan kelas VII- I dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling atau sampel bertujuan. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode tes, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji instrumen validitas dan reliabilitas selanjutnya terdapat uji prasyarat hipotesis uji homogenitas dan normalitas kemudian dilakukan uji t test, uji manova. Hasil penelitian ini 1) Ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh t hitung (13.673) > t tabel (1.995) maka terima H_0 yang artinya ada pengaruh yang artinya ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. 2)AdaAda pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh t hitung (15.433) > t tabel (1.995) maka terima H_0 yang artinya ada pengaruh yang artinya ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. 3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. berdasarkan hasil uji manova, menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05). Diketahui dalam pengujian ini menunjukkan bahwa H_a diterima dan H_0 ditolak. Yang artinya ada pengaruh yg signifikan antara penggunaan model pembelajran inkuiri terbimbing terhadap motivasi dan hasil belajara siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Hasil penelitian dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memilih model yang efisien dan tepat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S.Pd 17209153011 Riza Kurnia Silfi
Date Deposited: 30 Apr 2019 03:09
Last Modified: 30 Apr 2019 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10669

Actions (login required)

View Item View Item