PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 7 TULUNGAGUNG

EVI LIA PURNAMASARI, 17201153184 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (373kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (199kB)

Abstract

ABSTRAK Evi Lia Purnamasari, NIM. 17201153184, 2019, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung” Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Kojin, M.A Kata Kunci : Numbered Heads Together (NHT), Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih adanya penyajian model pembelajaran secara konvensional yang mengkibatkan peserta didik cenderung pasif. Sehingga membuat peserta didik mudah bosan dan kurang tertarik dengan materi pembelajaran yang berdampak pada motivasi belajar dan perolehan hasil belajar peserta didik rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung. (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung. (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment (The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design). Variabel bebasnya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan variabel terikatnya motivasi belajar dan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung yang berjumlah 263 peserta didik. Dalam pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 76peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji t independen dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan perolehan thitung > ttabel yaitu 2,781 > 1,992 dengan sig. (2-tailed) = 0,007 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan perolehan thitung > ttabel yaitu 3,425 > 1,992 dengan sig. (2-tailed) = 0,001 < 0,05. (3) Ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar dan hasil belajar secara bersama-sama yang ditunjukkan dengan perolehan fhitung > ftabel yaitu 8,363 > 1,469 dengan sig. (2- tailed) = 0,001 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153184 EVI LIA PURNAMASARI
Date Deposited: 30 Apr 2019 08:55
Last Modified: 30 Apr 2019 08:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10689

Actions (login required)

View Item View Item