PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS V SDI AL- HAKIM MARON BOYOLANGU TULUNGAGUNG

PIPIN LUTFATUL KHANAN, 17205153289 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS V SDI AL- HAKIM MARON BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (681kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (565kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (677kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pipin Lutfatul Khanan, 17205153289, Pengaruh Penggunaan Media Kartu Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas V SDI Al-Hakim Maron Boyolangu Tulungagung. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dra. Hj. St. Noer Farida Laila, MA Kata Kunci: Media kartu, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik yang salah satu faktornya adalah penggunaan dan pemilihan media pembelajaran yang kurang sesuai. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran visual yaitu media kartu. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apakah ada pengaruh media kartu terhadap motivasi belajar?, (2) Apakah ada pengaruh media kartu terhadap hasil belajar?, (3) Apakah ada pengaruh media kartu terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik SDI Al- Hakim Maron Boyolangu Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh media kartu terhadap motivasi belajar, (2) Untuk menjelaskan pengaruh media kartu terhadap hasil belajar, (3) Untuk menjelaskan pengaruh media kartu terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik SDI Al-Hakim Maron Boyolangu Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling, yaitu boring sampling atau sampling jenuh. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDI Al-Hakim Maron Boyolangu Tulungagung, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas V-A dan V-B SDI Al-Hakim Maron Boyolangu Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji manova angket motivasi diperoleh nilai Sig. sebesar 0,002. Nilai Sig.< 0,05 maka ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh media kartu terhadap motivasi belajar peserta didik SDI Al-Hakim Maron Boyolangu Tulungagung, (2) Hasil uji manova post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,001. Nilai Sig. < 0,05 maka ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh media kartu terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pelajaran PAI materi mengenal roul- rosul Allah, (3) Hasil uji manova angket motivasi dan post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. 0,000 < 0,05 maka ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh media Kartu terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik SDI Al-Hakim Maron Boyolangu Tulungagung. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini media Kartu memiliki pengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153289 PIPIN LUTFATUL KHANAN
Date Deposited: 02 May 2019 04:33
Last Modified: 02 May 2019 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10694

Actions (login required)

View Item View Item