PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH DARUL HUDA WONODADI BLITAR

VIVI NGAINUR ROHMAH, 17201153176 (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (591kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DATAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Vivi Ngainur Rohmah, NIM: 17201153176. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul: “ Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru PAI Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas X di MA Darul Huda Wonodadi Blitar”. Dosen Pembimbing Dr. Khoirul Anam M.Pd.I, Nip 19800825 200604 1 007. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, dan Hasil Belajar Dalam lembaga pendidikan, guru merupakan komponen yang terpenting, dimana ia sebagai pelaku, pelaksana dan ujung tombak proses pendidikan dalam hal pendidikan dan pengajaran. Kualitas proses pembelajaran membutuhkan pengembangan sumber daya manusia pendidik, khususnya pengembangan kompetensi guru, hal ini merupakan usaha mempersiapkan guru agar memiliki berbagai wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan memberikan rasa percaya diri untuk melaksanakan tugas dan kewajiban. Dalam hal ini peneliti menganalisa Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru. Karena, kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru dirasa sangat berperan dalam mempengaruhi secara langsung terhadap hasil belajar siswa di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas X di MA Darul huda Wonodadi Blitar. 2. Untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh kompetensi profesional guru PAI terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas X di MA Darul huda Wonodadi Blitar. 3. Untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas X di MA Darul huda Wonodadi Blitar. Metodologi dalam penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian ex-postfacto. Sedangkan untuk pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk memperoleh data kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Sedangkan metode observasi dan dokumentasi untuk memperoleh informasi tentang hasil belajar, populasi, sampel, dan informasi lain yang dibutuhkan dalam penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi yaitu “Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan variabel-variabel lain”. Dengan variabel terikatnya hasil belajar dan variabel bebasnya kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik cluster sampling yaitu cara pengambilan sampel dengan hanya mengambil beberapa kelompok dalam populasi. Banyaknya sampel pada penelitian ini adalah 54 siswa. Metode analisis data penelitian ini menggunakananalisis awal dan analisis akhir. Analisis awal berupa uji linieritas. Sedangkan analisis akhir menggunakan regresi ganda. Dari hasil penelitihan, diketahui bahwa t hitung (5% =1,524) < t tabel (2,00) pada taraf Sign 0,134 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan menolak Ha, yang berarti tidak ada pengaruh signifikan antara kompetensi pedagogik guru PAI terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas X di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Selanjutnya, t hitung (5% = 1,665) < t tabel (2,00) pada taraf Sign 0,102 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan menolak Ha, yang berarti tidak ada pengaruh signifikan antara kompetensi pedagogik guru PAI terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas X di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Yang terakhir, F hitung 1,639 < F tabel (5% = 3,17) dan taraf Sign 0,204 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan menolak Ha, yang berarti tidak ada pengaruh signifikan antara kompetensi pedagogic dan kompetensi profesional guru PAI terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas X di MA Darul Huda Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153176 VIVI NGAINUR ROHMAH
Date Deposited: 02 May 2019 07:49
Last Modified: 02 May 2019 07:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10703

Actions (login required)

View Item View Item