PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 05 TULUNGAGUNG

PEBRIYANTI PUSPITA RAHAYU, 17201153193 (2019) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 05 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (481kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (795kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (908kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (257kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di Mts Negeri 05 Tulungagung” ini ditulis oleh Pebriyanti Puspita Rahayu, NIM 17201153193, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan , Institut Agama Islam Negeri tulungagung, dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam M.Pd.I Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Guru, Proses Komunikasi, dan Motivasi Belajar Pada dasarnya komunikasi merupakan suatu proses, karena komunikasi merupakan suatu kegiatan yang disertai tindakan, pertukaran informasi, dan pemindahan informasi dari komunikator kepada komunikan. Dengan adanya komunikasi yang baik akan membuat peserta didik memliki motivasi belajar yang kuat. Komunikasi dan motivasi menjadi kunci utama terlaksananya sebuah pendidikan. Seberapa luas pengetahuan seorang guru jika tidak dapat mengkomunikasikan pengetahuan, serta wawasannya, tentu tidak dapat memberikan transformasi pengetahuannya kepada peserta didiknya. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan komunikasi primer guru terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN 5 Tulungagung. (2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan komunikasi sekunder guru terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN 5 Tulungagung. (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan komunikasi primer dan kemampuan komunikasi sekunder guru terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam pengambilan sampel menggunakan random sampling yaitu pengambian sampel secara acak. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan kuiesioner dan observasi. Metode analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian diperoleh adalah thitung 2.594 > nilai rtabel 1.995 dan nilai signifikansi 0.12 <0.05 yaitu H1 diterima karena pengaruh positif yang signifikan antara kemampuan komunikasi primer guru terhadap motivasi belajar siswa. Selanjutnya thitung 5.749 > nilai rtabel 1.995 dan nilai signifikansi 0.00 <0.05 yaitu H2 diterima karena pengaruh positif yang signifikan antara kemampuan komunikasi primer guru terhadap motivasi belajar siswa. Dan yang terakhir fhitung 16.555> nilai ftabel 3,13 dan nilai signifikansi 0.00 <0.05 yaitu H3 diterima karena pengaruh positif yang signifikan antara kemampuan komunikasi primer guru terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153193 PEBRIYANTI PUSPITA RAHAYU
Date Deposited: 02 May 2019 07:50
Last Modified: 02 May 2019 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10704

Actions (login required)

View Item View Item