Puspasari, Yussi (2012) Penerapan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDI AL-Badar Ketanon Kedungwaru Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
BAB 1.docx Download (34kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (54kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (150kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (153kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (24kB) |
|
Text
BAGIAN DEPAN.doc Download (97kB) |
|
Text
COVER.docx Download (112kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (24kB) |
Abstract
Sering kali guru tidak memperhatikan metode dalam mengajar sehingga membuat proses pembelajaran yang dilakukan membuat siswa menjadi jenuh yang mengakibatkan siswa menjadi ramai. Hal ini berakibat pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang yang sangat penting karena masuk pelajaran UAN, dan IPA merupalkan tubuh pengetahuan proses tetapi juga tubuh pengetahuan yang di bentuk oleh proses penemuan terus-menerus dan orang-orang yang terlibat dalam kegiatan ilmiah. Khususnya pada materi ini sifat-sifat cahaya dan pemanfaatannya untuk siswa lebih paham dan mengerti ini dibutuhkan metode yang sangat membantu untuk melakukan percobaan dan pengamatan. Metode Eksperimen ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa menjadi meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V di SDI Al-Badar Ketanon Kedungwaru Tulungagung;. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk dapat mengetahui penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas V SDI Al-Badar Ketanon Kedungwaru Tulungagung; (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDI Al-Badar Ketanon Kedungwaru Tulungagung. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, dalam satu siklus tiga kali pertemuan. Dalam masing-masing siklus ada tiga tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelakasanaaan tindakan dan observasi dan, (3) Refleksi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, wawancara, dan angket. Metode tes diperoleh dari datayang berupa nilai siswa dan untuk selanjutnya digunakan untuk melihat pemahaman siswa pada materi sifat-sifat cahaya dan pemanfaatannya, sehingga dari nilai tersebut dapat dilihat hasil belajarnya. Metode observasi dilakukan untuk mengetahui adanya kesesuaian antara perencanaaan dan pelaksanaan tindakan, untuk mengamati aktifitas siswa dan guru selama proses pembelajaran di kelas berlangsung. Metode wawancara digunakan untuk menjaring data kualitatif sebanyak-banyaknya dari subjek yang berkaitan dengan jenis dan penyebab kesalahaan yang dilakukan siswa dalam pembelajaran. Metode angket digunakan untuk mendeteksi sikap, minat, respond an motivasi siswa terhadap pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah penelitian ini mengacu pada tehnik analisis yang digunakaan oleh Miles dan Huberman meliputi kegiatan: (1) mereduksi data, (2) paparan data atau penyajian data, (3) penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tes hasil belajar pada siklus 1 mendaapatkan ketuntasan klasikal 69% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 87,5%, (2) hasil observasi kegiatan siswa dan guru pada siklus 1 dengan rata-rata 72,9% dan 73,1% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 84,7% dan 80,25%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, bahwa; Metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaan IPA kelas V SDI Al-Badar Ketanon Kedungwaru Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 05 Feb 2015 04:02 |
Last Modified: | 05 Feb 2015 04:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1074 |
Actions (login required)
View Item |