PENGARUH PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA YANG REMEDIAL PADA MATERI SEL DI SMP NEGERI 1 KALIDAWIR

ROHDOTUL ZANAH, 17208153034 (2019) PENGARUH PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA YANG REMEDIAL PADA MATERI SEL DI SMP NEGERI 1 KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (171kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Yang Remidial Pada Materi Sel di SMPN 1 Kalidawir “yang ditulis oleh Rohdotul Zanah dan dibimbing oleh Zun Azizul Hakim M.psi. Kata kunci: PBL (Problem Based Learning) , hasil belajar, Sel. Biologi merupakan pelajaran yang bersifat menghafal dan sulit karena banyak kata-kata ilmiah menurut kebanyakan orang, namun perkembangan zaman telah mempengaruhi masyarakat dalam banyak cara. Sehingga mengubah asumsi bahwa biologi bersifat menghafal dan membosankan. Salah satu cara tersebut adalah dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) sebagai model pembelajaran yang mampu membuat peserta didik mewujudkan tujuan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar siswa yang remidial pada materi sel di SMPN 1 Kalidawir. (2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar siswa yang remidial pada materi sel di SMPN 1 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen serta menggunakan metode tes yang berupa pre test dan post test dalam memperoleh data hasil belajar peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 1 Kalidawir yang terdiri dari dua kelas. Sampel pada penelitian ini juga menggunakan dua kelas yakni kelas VII-E sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) dan kelas VII-D sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Mata pelajaran yang diteliti adalah biologi dengan materi sel. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar peserta didik yang ditunjukan dengan nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153034 ROHDOTUL ZANAH
Date Deposited: 14 May 2019 06:49
Last Modified: 14 May 2019 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10758

Actions (login required)

View Item View Item