Ayu Yuliani, Diah (2012) Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Penjumlahan dan Pengurangan Siswa Kelas I di MI PSM Talun Kulon Bandung Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
BAB 1 new.docx Download (41kB) |
|
Text
BAB II new.docx Download (54kB) |
|
Text
BAB II new.docx Download (54kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (49kB) |
|
Text
BAB IV - NEW.docx Download (58kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (49kB) |
|
Text
BAB IV - NEW.docx Download (58kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (40kB) |
|
Text
HALAMAN JUDUL BARU.doc Download (180kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN bru.docx Download (20kB) |
Abstract
Kata kunci : Pembelajaran Matematika Realistik. Hasil Belajar Beberapa penyebab rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas I MI PSM Talun Kulon Bandung Tulungagung adalah adanya kesan negatif terhadap pelajaran matematika dan kurangnya motivasi siswa terhadap pelajaran matematika. Dalam materi penjumlahan dan pengurangan ini peneliti mengunakan penerapan pembelajaran matematika realistik sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar/ prestasi belajar matematika siswa. Pembelajaran menggunakan penerapan pembelajaran matematika realistik ini diharapkan dapat memotivasi siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan. Sehingga siswa lebih mudah memahami konsep matematika yang abstrak. Yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1). Bagaimana langkah-langkah penerapan pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas I MI PSM Talun Kulon Bandung Tulungagung? 2). Apakah dengan penerapan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I MI PSM Talun Kulon Bandung Tulungagung? Penelitian ini mengunakan penelitian jenis tindakan kelas. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar matematika siswa kelas I MI PSM Talun Kulon Bandung Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran matematika, respon siswa, sejarah sekolah, keadaan siswa, guru dan karyawan, sarana dan prasarana sekolah. Penelitian ini menggunakan lima karakteristik, yaitu : penggunaan masalah kontekstual, penggunaan model, kontribusi siswa, interaksi siswa, dan keterkaitan materi dengan materi prasyarat. Dari penelitian ini nilai rata – rata siswa mulai dari pre tes, tes siklus I, tes siklus II menujukkan peningkatan. Untuk hasil pre tes nilai rata –ratanya adalah 4,8 masuk dalam kategori kurang, pada siklus I nilai rata – ratanya adalah 6,3 masuk dalam kategori kurang dan pada siklus II nilai rata – ratanya adalah 8,2 berubah menjadi baik. Prosentase ketuntasan hasil belajar pada pre tes adalah 20%, pada siklus I adalah 50%, pada siklus II adalah 90%. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan penerapan pembelajaran matematika realistik akhirnya dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah penerapan pembelajaran matematika realistik dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I MI PSM Talun Kulon Bandung Tulungagung adalah : memberikan masalah kontekstual, model-model untuk menyampaikan materi dan memecahkan masalah, kontribusi siswa dalam memecahkan suatu permasalahan dan mengambil kesimpulan, Interaksi siswa dalam kegiatan pembelajaran, dan keterkaitan materi dengan materi prasyarat. Penerapan pembelajaran matematika realistik dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I MI PSM Talun Kulon Bandung Tulungagung terhadap materi penjumlahan dan pengurangan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 05 Feb 2015 04:09 |
Last Modified: | 05 Feb 2015 04:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1076 |
Actions (login required)
View Item |