PENGARUH PENDIDIKAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI SE-KECAMATAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NAWANG WULAN, 17205153070 (2019) PENGARUH PENDIDIKAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI SE-KECAMATAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (549kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (995kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nawang Wulan. 201 9. Pengaruh Pendidikan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agmama Islam Negeri (IAIN0 Tulungagung. Pembimbing : Zun Azizul Hakim,M.Psi. Kata Kunci : Pendidikan Orang Tua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa Penelitian dalam ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kurang, dikarenakan pergaulan anak sekarang berbeda dengan anak zaman dulu, dan disini guru dituntut agar dapat mengembangkan minat belajar siswa, dengan cara menjelaskan hal-hal yang menarik agar siswa dapat semakin terpacu untuk belajar, selain itu pendidikan orang tua yang rendah dapat menyebabkan turunnya motivasi dan prestasi belajar, sehingga diperlukan kerjasama yang baik antara guru dan orang tua. Salah satu bentuk yang dianggap paling efisien untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar adalah melalui pendidikan orang tua. Dengan adanya motivasi belajar maka prestasi belajar dalam diri siswa dan pendidikan orang tua yang mendukung proses pembelajaran, akan menjadikan prestasi belajarnya lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh pendidikan orang tua terhadap prestasi siswa di MI se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung? 2) Apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di MI se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung? 3) Apakah ada pengaruh bersama-sama pendidikan orang tua dan Motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di MI se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan asosatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Ibtidaiyah di se-Kecamatan Sumbergemopol tulungagung yang berjumlah 1539 siswa atau responden, teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Sampel penelitiannya adalah 94 responden atau siswa yang diambil dari Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Sumbergempol. Hasil penelitiannya adalah 1) Ada pengaruh yang positif signifikansi pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung. Nilai signifikansi t untuk variabel pendidikan orang tua adalah sebesar 0.048 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probatilitas 0.05 (0.048 < 0.05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa H1 diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di MI se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung. 2) Ada pengaruh yang positif signifikansi pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung. Nilai signifikansi t untuk variabel Motivasi Belajar adalah sebesar 0.041 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probatilitas 0.05 (0.041 < 0.05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkanbahwa H2 diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan Motivasi belajar Mata pelajaran Agama terhadap prestasi belajar siswa di MI se Kecamatan Sumbergempol Tulungagung. 3) Ada pengaruh positif yang signifikan Pendidikan orang tua, motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di MI se Kecamatan Sumbergempol Tulungagung. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji serempak (uji F) diperoleh nilai 0.031, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari pada probabilitas α yang ditetapkan (0.031 < 0.05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa H3 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat isimpulkan bahwa Tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar adalah dua faktor yang dapat memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa di MI se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153070 NAWANG WULAN
Date Deposited: 10 May 2019 02:14
Last Modified: 10 May 2019 02:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10771

Actions (login required)

View Item View Item