Sri Haryati, 1741143349 (2019) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT ANGGOTA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BTM SURYA MADINAH TULUNGAGUNG DAN BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (146kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kualitas Pelayanan sebagai Upaya Meningkatkan Minat Anggota Pembiayaan Murabahah di BTM Surya Madinah Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung.” Penelitian ini ditulis oleh Sri Haryati, NIM. 1741143349, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jursan Perankan Syariah, Institusi Agama Islam Negeri Tulungagung dibimbing oleh Muhamad Aqim Adlan, M.E.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena pada produk pembiayaan murabahah yang diminati oleh anggota pembiayaan di BTM Surya Madinah dan BMT Pahlawan. Anggota pembiayaan lebih menginginkan proses pencairan dana yang cenderung cepat dan mudah. Selain itu, pada perkembangannya BTM Surya Madinah dan BMT Pahlawan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal itu dikarenakan adanya pelayanan dari BTM Surya Madinah maupun BMT Pahlawan yang bagus. Sehingga, akan mendorong minat dari anggota untuk melakukan pembiayaan murabahah. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana praktek dan perkembangan pembiayaan murabahah pada BTM Surya Madinah Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung ? (2) Bagaimana peran kualitas pelayanan dalam meningkatkan minat anggota pembiayaan murabahah di BTM surya Madinah Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung ? (3) Bagaimana perbandingan minat anggota pembiayaan murabahah di BTM Surya Madinah Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung ?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan kepada anggota dan meningkatkan minat anggota pembiayaan murabahah di BTM Surya Madinah Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (field research). Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, data ini diperoleh peneliti melalui wawancara dan dokumentasi. Kemudian, data-data yang sudah terkumpul dianalisis dengan model deskriptif analitik. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Praktek pembiayaan murabahah di BTM Surya Madinah dan BMT Pahlawan selama ini sudah sesuai dengan teori yang ada. Begitu pun juga perkembangan BTM Surya Madinah dan BMT Pahlawan selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. (2)Kualitas pelayanan yang diberikan oleh BTM Surya Madinah dan BMT Pahlawan mampu membuat anggota pembiayaan merasa puas. Selain itu, fasilitas yang diberikan sangat membantu anggota untuk melakukan pembiayaan di BTM Surya Madinah dan BMT Pahlawan. (3) Minat anggota untuk melakukan pembiayaan sangat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang diberikan dari BTM Surya Madinah dan BMT Pahlawan.Lebih banyak minat anggota dari BMT Pahlawan yang melakukan pembiayaan murabahah daripada anggota di BTM Surya Madinah. Jadi, minat anggota pembiayaan murabahah sejauh ini selalu mengalami kenaikan karena tatacara pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan kebutuhan anggota pembiayaan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Minat Anggota, Pembiayaan Murabahah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 1741143349 Sri Haryati |
Date Deposited: | 06 May 2019 06:33 |
Last Modified: | 06 May 2019 06:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10772 |
Actions (login required)
View Item |