STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PESERTA DIDIK DI MAN 1 TRENGGALEK

RIRIN KUSMAWATI, 17201153065 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PESERTA DIDIK DI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (394kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi berjudul “Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Quran Peserta Didik di MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Ririn Kusmawati, NIM. 17201153065, pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd Kata Kunci: Strategi Guru, Kemampuan Membaca Al-Quran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam yang dihadapkan pada zaman modern dimana perkembangan tekhnologi yang canggih, hal itu akan mempengaruhi minat membaca menjadi rendah khususnya dalam membaca Al-Quran, padahal mempelajari Al-Quran begitu penting untuk membentengi diri dari hal-hal negatif di zaman yang semakin canggih ini. Oleh sebab itu dibutuhkan strategi guru untuk mengembangkan kemampuan membaca Al-Quran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pengorganisasian yang dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Quran peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek? (2) Bagaimana strategi penyampaian guru dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Quran peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek? (3) Bagaimana strategi pengelolaan guru dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Quran peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek? Adapun tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Mendeskripsikan strategi pengorganisasian guru dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Quran peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek (2) Mendeskripsikan strategi penyampaian guru dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Quran peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek (3) Mendeskripsikan strategi pengelolaan guru dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Quran peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek Metode penelitian dalam skripsi ini bersifat deskriptif kualitatif berupa kakta kata tertulis atau lisan dari orang yang diamati. Tekhnik pengumpulan data adalah wawancara ,observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/. Pengecekan keabsahan data menggunakan memperpanjang waktu penelitian,ketekunan atau keajegan pengamatan,triangulasi, pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: (1) Strategi Pengorganisasian yang dilakukan guru adalah dengan menyiapkan segala bahan bahan materi yang digunakan lalu memilih, menata, dan membuat rangkuman isi pembelajaran yang saling berkaitan. (2) Strategi Penyampaian yang dilakukan guru adalah dengan menggunakan guru sebagai media pembelajaran yang utama didukung oleh alat-alat sederhana seperti papan tulis, buku dan spidol. (3) Strategi Pengelolaan yang dilakukan guru adalah dengan pembuatan catatan kemajuan belajar mengajar, pengelolaan motivasional dan kontrol belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153065 RIRIN KUSMAWATI
Date Deposited: 08 May 2019 02:26
Last Modified: 08 May 2019 02:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10802

Actions (login required)

View Item View Item