PROFIL METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN ENDED DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 JOMBANG

VITA SARI, 17204153094 (2019) PROFIL METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN ENDED DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (662kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (257kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (229kB)
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Bab V.pdf

Download (542kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (237kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Profil Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Ditinjau dari Gaya Belajar di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang” ini ditulis oleh Vita Sari, NIM. 17204153094, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Metakognisi, Pemecahan Masalah, Masalah Open Ended, Gaya Belajar Salah satu aspek penting dalam penyelesaian masalah open ended adalah kemampuan metakognisi siswa. Metakognisi adalah kesadaran siswa terhadap proses dan hasil berpikirnya dalam memecahan masalah. Dalam aktivitas metakognisi, pemecahan masalah juga dipengaruhi oleh gaya belajar. Dengan keragaman gaya belajar siswa MAN 4 Jombang, apakah terdapat keragaman metakognisi. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui profil metakognisi siswa kelas X MIA 5 MAN 4 Jombang dalam menyelesaikan masalah open ended yang ditinjau dari gaya belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil metakognisi siswa gaya belajar visual, auditori dan kinestetik dalam menyelesaikan masalah open ended. Aktivitas metakognisi diamati menggunakan acuan indikator kesadaran siswa akan proses dan hasil berpikirnya dalam merencanakan, memonitor, dan mengevaluasi pada setiap tahap pemecahan masalah Polya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilaksanakan di MAN 4 Jombang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan wawancara. Angket digunakan untuk mengetahui kecenderungan gaya belajar siswa. Tes yang diberikan adalah tes masalah kontekstual yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel. Teknik wawancara digunakan untuk mengetahui bagaiman metakognisi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan metakognisi siswa gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Berdasarkan hasil penelitian, siswa gaya belajar visual dalam memecahkan masalah open ended hanya melibatkan dua aktivitas metakognisinya yaitu aktivitas perencanaan dan monitoring dalam setiap pentahapan pemecahan masalah menurut Polya, selain itu siswa gaya belajar visual tidak memeriksa kembali hasil pemecahan masalah. Siswa gaya belajar auditori melibatkan ketiga aktivitas metakognisinya yaitu aktivitas perencanaan, monitoring dan evaluasi pada setiap pentahapan pemecahan masalah menurut Polya. Siswa gaya belajar kinestetik melibatkan ketiga metakognisinya yaitu aktivitas perencanaan, monitoring, dan evaluasi akan tetapi pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah siswa gaya belajar kinestetik tidak melibatkan aktivitas evaluasi dan ketika memeriksa kembali hasil pemecahan masalah siswa gaya belajar kinestetik tidak melibatkan aktivitas monitoring.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153094 VITA SARI
Date Deposited: 13 May 2019 02:44
Last Modified: 13 May 2019 02:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10807

Actions (login required)

View Item View Item