YULI AGUSTIN RAHAYU, 17205153287 (2019) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (945kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (117kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Yuli Agustin Rahayu, NIM. 17205153287. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya gaya belajar dalam kegiatan belajar mengajar. Gaya belajar pada umumnya dibagi menjadi tiga yaitu, gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Namun, dari ketiga gaya belajar tersebut hanya satu gaya belajar yang mendominasi pada setiap individu. Ketiga gaya belajar tersebut mempunyai peranan penting dan bisa dikatakan sebagai faktor penentu dalam keberhasilan proses belajar mengajar. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana pengaruh gaya belajar yang terdiri dari gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa MIN 4 Tulungagung dalam mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa MIN 4 Tulungagung ? (2) Adakah pengaruh gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa MIN 4 Tulungagung ? (3) Adakah pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa MIN 4 Tulungagung ? (4) Seberapa besar pengaruh gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa MIN 4 Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik MIN 4 Tulungagung yang berjumlah 258 anak. Sampel yang digunakan sebanyak 40 anak dari kelas 4A dan 4B. Data yang digunakan adalah data primer yang diproleh dari penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda dan melihat nilai R Square dengan bantuan software SPSS for windows versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa MIN 4 Tulungagung. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai Sig. 0,035 < 0,05, yang berarti bahwa gaya belajar visual mempengaruhi nilai hasil belajar IPA peserta didik MIN 4 Tulungagung. (2) Ada pengaruh gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa MIN 4 Tulungagung. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai Sig. 0,044 < 0,05, yang berarti bahwa gaya belajar auditorial mempengaruhi nilai hasil belajar IPA peserta didik MIN 4 Tulungagung. (3) Ada pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa MIN 4 Tulungagung. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai Sig. 0,024 < 0,05, yang berarti bahwa gaya belajar kinestetik mempengaruhi nilai hasil belajar IPA peserta didik MIN 4 Tulungagung. (4) Ada pengaruh gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa MIN 4 Tulungagung. Hal ini berdasarkan uji regresi linier berganda nilai Fhitung = 3,192 > Ftabel = 2,87 dan nilai Sig. 0,035 < 0,05, yang berarti bahwa gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik mempengaruhi nilai hasil belajar IPA peserta didik MIN 4 Tulungagung. Besar pengaruh gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai R Square pada tabel diatas, nilai R Square adalah 0,210 artinya 21%. Maksud dari angka tersebut yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, gaya belajar kinestetik berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 21% dan 79% dipengaruhi oleh variabel yang lain.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153287 YULI AGUSTIN RAHAYU |
Date Deposited: | 13 May 2019 02:32 |
Last Modified: | 13 May 2019 02:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10827 |
Actions (login required)
View Item |