WINDRA EKA LESTARI, 17204153008 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (232kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (50kB) |
||
Text
Bab I.pdf Download (209kB) |
||
Text
Bab II.pdf Download (307kB) |
||
|
Text
Bab III.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
Bab VI.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (48kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Mojo Kediri” ini ditulis oleh Windra Eka Lestari NIM. 17204153008 Jurusan Tadris Matematika, IAIN Tulungagung. Pembimbing Dra. Umy Zahroh, M.Kes,. Ph.D. Kata kunci : Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH), Minat, Hasil Belajar. Latar belakang pada penelitian ini adalah adanya guru yang belum menggunakan metode pembelajaran yang efektif dan adanya pandangan siswa yang menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Karena dua masalah tersebut, mengakibatkan minat dan hasil belajar matematika siswa rendah. Seharusnya guru menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan efektif agar minat dan hasil belajar matematika siswa meningkat. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran Everyone Is Techer Here. Model pembelajaran Everyone Is Teacher Here merupakan model pembelajaran yang memberi kesempatan kepada setiap siswa untuk berperan sebagai guru bagi kawan-kawannya. Everyone is a Teacher Here (ETH) melatih siswa untuk lebih aktif dan bisa menjadi guru bagi teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh model pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap minat belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Mojo Kediri, 2) pengaruh model pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Mojo Kediri, 3) pengaruh model pembelajaran Everyone is aTeacher Here terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Mojo Kediri. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Mojo Kediri. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII I sebagai kelas eksperimen dan kelas VII J sebagai kelas kontrol. Sampel berjumlah 76 siswa. Teknik pengumpulan data : 1) Dokumentasi, 2) Angket minat belajar siswa dan 3) Tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data hasil angket minat belajar dan hasil belajar siswa menggunakan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Model Everyone is a Teacher Here (ETH) berpengaruh terhadap minat belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Mojo Kediri. Hal ini terbukti siswa yang sebelumya pasif menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. 2) Model Everyone is a Teacher Here (ETH) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN Mojo Kediri. Hal ini terbukti dengan peningkatan hasil belajar siswa setelah dilaksanakannya model Everyone is a Teacher Here. 3) Model Everyone is a Teacher Here (ETH) berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Mojo Kediri. Pengaruh Everyone is a Teacher Here terhadap minat belajar sebesar 14,5% dan terhadap hasil belajar sebesar 6,4%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153008 WINDRA EKA LESTARI |
Date Deposited: | 10 May 2019 03:31 |
Last Modified: | 10 May 2019 03:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10860 |
Actions (login required)
View Item |