PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs PSM TANEN MATERI ALJABAR

IBNU ALFU FADLLI, 1724143108 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs PSM TANEN MATERI ALJABAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (643kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas VII MTs PSM Tanen Materi Aljabar” ditulis oleh Ibnu Alfu Fadlli, 1724143108, pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : Teams Games Tournament (TGT), Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh persepsi siswa yang menganggap bahwa matematika merupakan mata pelajaran sulit, sehingga menjadi penyebab kurangnya motivasi belajar. Menurunnya minat dan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran matematika berdampak pada pencapaian hasil belajar siswa tidak maksimal bahkan menurun. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran yang dapat merubah persepsi siswa tentang matematika dan siswa dapat berperan aktif dalam proses belajar mengajar di kelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa aktif dan menyenangkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Dengan menggunakan model ini tidak hanya guru dapat menciptakan suasana baru bagi siswa untuk belajar secara rileks dan menyenangkan sehingga dapat memicu timbulnya motivasi dan semangat siswa dalam belajar. Berdasarkan penjelasan diatas peneliti memutuskan untuk melakukan sebuah penelitian tentang pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika siswa kelas VII MTs PSM Tanen materi Aljabar. Adapun rumusan masalah adalah sebagai berikut : (1) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs PSM Tanen Materi aljabar? (2) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs PSM Tanen Materi aljabar? (3) apakah terdapat pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs PSM Tanen Materi aljabar? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs PSM Tanen Materi aljabar. (2)Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs PSM Tanen Materi aljabar. (3) Untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs PSM Tanen Materi aljabar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah eksperimen semu (quasi experiment research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan sedangkan sampel yang digunakan peneliti adalah siswa kelas VII-A dan VII-B. Data penelitian ini diperoleh dari tes untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dan angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t test dan Manova Satu Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs PSM Tanen materi aljabar. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs PSM Tanen materi aljabar. (3) Terdapat Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs PSM Tanen materi aljabar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143108 IBNU ALFU FADLLI
Date Deposited: 13 May 2019 05:03
Last Modified: 13 May 2019 05:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10914

Actions (login required)

View Item View Item