BINTU HUSNIYYATI KHOLIFAH, 17205153242 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DAKOTA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (408kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (191kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (119kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Dakota Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung” ini ditulis oleh Bintu Husniyyati Kholifah, NIM. 17205153242, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dengan dosen pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., MM. Kata Kunci: Alat, Peraga, Visual, Motivasi, Hasil, belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh upaya guru sebagai pendidik dalam pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan. Karena itu dibutuhkan inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran. Namun kenyataannya, saat ini masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika. Hal ini menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar dalam proses pembelajaran. Sehingga mempengaruhi motivasi dan hasil belajar yang kurang maksimal. Dengan variasi media pembelajaran yamg berkembang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru adalah media Dakota. Rumusan Masalah penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh penggunaan media dakota terhadap motivasi siswa pada pembelajaran matematika di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung? (2) Apakah ada pengaruh penggunaan media dakota terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung? (3) Apakah ada pengaruh penggunaan media dakota terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampel purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data adalah yang digunakan peneliti ini adalah: (1) Tes, (2) Angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis, pada pengujian hipotesis menggunakan uji MANOVA, (1) terdapat pengaruh penggunaan media dakota terhadap motivasi belajar, yang ditemukan dengan nilai sig. 0,001 < 0,05, (2) terdapat pengaruh penggunaan media dakota terhadap hasil belajar matematika, yang ditemukan dengan nilai sig. 0,002 < 0,05, (3) terdapat pengaruh penggunaan media dakota terhadap motivasi dan hasil belajar matematika, yang ditemukan dengan nilai 0,001 < 0,05 yang hasil semuanya menunjukkan ada pengaruh penggunaan media dakota terhadap motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153242 BINTU HUSNIYYATI KHOLIFAH |
Date Deposited: | 09 May 2019 04:20 |
Last Modified: | 09 May 2019 04:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10948 |
Actions (login required)
View Item |