FITRI SUSANTI, 17205153135 (2019) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 WATES CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (767kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Mata Pelajaran Matematika Di SDN 5 Wates Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Fitri Susanti, NIM. 17205153135, Pembimbing Dr.Mochamad Arif Faizin M.Ag. Kata Kunci : Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together), Matematika. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang banyak terjadi di sekolah dimana ada dari sebagian siswa masih kurang aktif dalam berpartisipasi mengikuti proses pembelajaran. Dikarenakan kurangnya motivasi belajar sehingga berdampak pada kurangnya pemahaman siswa serta rendahnya hasil belajar siswa terhadap materi soal cerita perkalian yang disampaikan guru dalam mata pelajaran matematika. Melalui metode pembelajaran kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) diharapkan siswa dapat menumbuhkan pemahaman kinerja siswa, motivasi belajar, dan keaktifan siswa sehingga mencapai keberhasilan hasil belajar matematika terhadap soal cerita perkalian. Berangkat dari latar belakang itulah penulis berkeinginan membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Mata Pelajaran Matematika Di SDN 5 Wates Campurdarat Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah guru dalam pelaksanaan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) mata pelajaran matematika di SDN 5 Wates; (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pelaksanaaan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) mata pelajaran matematika di SDN 5 Wates; (3) Bagaimana implikasi dari pelaksanaan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) mata pelajaran matematika di SDN 5 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan ketekunan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitian adalah (1) Langkah-langkah Pelaksanaan pembelajaran sesuai langkah-langkah dipedoman, Metode penyampaiannya menggunakan klasikal/individual, Metode pembelajaran yang dipilih sesuai dengan materi, situasi dan kondisi peserta didik; (2) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran : Metode yang bermutu, Mutu guru dan Menggunakan media dan sumber belajar yang menarik sesuai materi pembelajaran. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran : Kemampuan siswa yang bervariasi, dan Kwalitas guru yang bermacam-macam. Solusi dari faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran : Dengan mengadakan rutinan dan penguatan materi soal cerita perkalian dan evaluasi bersama. Dan juga mengadakan setiap pulang sekolah menghafalkan perkalian bersama-sama; (3) Implikasi dari pelaksanaan pembelajaran menjadikan siswa memiliki kompetensi dari segi hasil belajar kognitif, hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotorik
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153135 FITRI SUSANTI |
Date Deposited: | 13 May 2019 02:49 |
Last Modified: | 13 May 2019 02:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10980 |
Actions (login required)
View Item |