PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TEKS HIKAYAT KELAS X MIA 1 MAN 3 TULUNGAGUNG

Muhammad Rijal Darmawan Zaen, 17210153013 (2019) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TEKS HIKAYAT KELAS X MIA 1 MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (240kB)

Abstract

Zaen, Muhammad Rijal Darmawan. NIM. 17210153013. 2019. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Hikayat MIA 1 MAN 3 Tulungagung. skripsi.Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Tulungagung. Pembimbing. Dr. Mohamad Jazeri., M.Pd. Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik di mana siswa dituntut untuk berfikir kritis dan kreatif, kurikulum 2013 juga menggunakan pembelajaran yang berbasis teks, yang secara tidak langsung menuntut siswa untuk aktif dalam literasi. Pendekatan pembelajaran tersebut belum tentu dapat diterima dengan baik oleh semua siswa. Dengan menggunakan pendekatan saintifik tersebut akan banyak sekali pengaruh yang akan muncul, baik dalam pembelajaran maupun pada hasil pembelajaran. Adanya pengaruh yang akan muncul bukan hanya pengaruh baik, mungkin saja akan menimbulkan pengaruh yang buruk, karena dengan menggunakan pendekatan saintifik siswa dituntut untuk aktif dalam pembelajan, namun jika diperhatikan dari profil atau latar belakang dari siswa, tidak semua siswa mempunyai kemampuan yang sama baiknya, sehingga akan dimungkinkan akan ada beberapa siswa yang kurang mampu utnuk mengikuti pembelajaran. Dari anggapan tersebut belum tentu semuanya benar-benar terjadi, maka dari itulah penelitian ini harus dilakukan guna mengukur pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pengaruh pendekatan saintifik terhadap proses pembelajaran teks hikayat dan juga untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil pembelajaran yang diharapkan bermanfaat untuk pembaca dan peneliti selanjutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu suatu proses menemukan pengetahuan dengan menggunakan data berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh pendekatan saintifik terhadap pembelajaran bahasa Indonesia teks hikayat maka penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang akan mencari pengaruh-pengaruh terhadap variabel 01 dan variabel 02 yang hasilnya nanti bisa bermanfaat untuk pengajar. Pendekatan kuantitatif dalam penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan terdapat nilai sebelum dan sesudah mendapat perlakuan dan pengujian hipotesis, khususnya pada teks hikayat kelas X MIA 1 di MAN 3 Tulungagung. Terdapat perbedaan nilai rata-rata pada siswa, nilai rata-rata sebelum menggunakan pendekatan saintifik adalah 60,25. Sedangkan setelah meenggunakan pendekatan saintifik meningkat lebih baik yaitu 75.80.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: SKRIPSI 17210153013 Muhammad Rijal Darmawan Zaen
Date Deposited: 10 May 2019 07:35
Last Modified: 10 May 2019 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11121

Actions (login required)

View Item View Item