STRATEGI STRENGTHS, WEAKNESS, OPPORTUNITY, THREATS PADA INDUSTRI BATIK SATRIO MANAH KABUPATEN TULUNGAGUNG DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI ERA INDUSTRI KREATIF (PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM)

NOVITA AYU HIKMAH NINGTYAS, 17402153311 (2019) STRATEGI STRENGTHS, WEAKNESS, OPPORTUNITY, THREATS PADA INDUSTRI BATIK SATRIO MANAH KABUPATEN TULUNGAGUNG DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI ERA INDUSTRI KREATIF (PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (837kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (398kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Strengths, Weakness, Opportunity, Threats Pada Industri Batik Satrio Manah Kabupaten Tulungagung Dalam Meningkatkan Daya Saing Di Era Industri Kreatif (Perspektif Ekonomi Islam)” ini ditulis oleh Novita Ayu Hikmah Ningtyas, NIM 17402153311, Pembimbing Hj. Amalia Nuril Hidayati, M.Sy. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan global, saat ini dunia telah memasuki era industri ekonomi kreatif, yaitu industri lebih menekankan pada gagasan dan ide kreatif dalam kegiatan ekonominya. Pemerintah Indonesia kini menggiatkan pengembangan sektor industri kreatif. Pengembangan batik sebagai salah satu dari 16 komponen ekonomi kreatif terus ditingkatkan, mengingat tren dan prospek pasar batik yang menjanjikan. Seperti halnya industri batik Satrio Manah Kabupaten Tulungagung dalam memasuki era industri ekonomi kreatif saat ini diperlukan strategi dengan melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal yang terdiri atas kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman perusahaan, agar dapat berdaya saing. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apa saja faktor-faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan pada industri kreatif batik Satrio Manah? (2) Apa saja faktor-faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman pada industri kreatif batik Satrio Manah? (3) Bagaimana strategi strengths, weakness, opportunity, threats pada industri batik Satrio Manah Kabupaten Tulungagung dalam meningkatkan daya saing di era industri kreatif? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran/kombinasi, penelitian yang melibatkan penggunaan dua metode, yaitu metode kuantitatif dan metode kualitatif. Analisis penyusunan strategi pada penelitian ini menggunakan pendekatan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunity, Threats). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Jenis penelitian adalah studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan dari analisis SWOT posisi industri batik Satrio Manah Kabupeten Tulungagung berada pada kuadran 1, kekuatan dan kelemahan pada sumbu X = 2,45 > 0 , peluang dan ancaman pada sumbu Y = 1,95 > 0. Industri batik Satrio Manah menerapkan strategi SO, dimana perusahaan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang yang ada. Kata Kunci :Strategi, Analisis SWOT, Industri Kreatif

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153311 Novita Ayu Hikmah Ningtyas
Date Deposited: 13 May 2019 01:19
Last Modified: 13 May 2019 01:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11175

Actions (login required)

View Item View Item