PENERAPAN METODE FIELD TRIP PADA KEGIATAN MENULIS PUISI UNTUK SISWA KELAS VIII MTs AL-HUDA BANDUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

SUCIANA, 17210153015 (2019) PENERAPAN METODE FIELD TRIP PADA KEGIATAN MENULIS PUISI UNTUK SISWA KELAS VIII MTs AL-HUDA BANDUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (121kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (214kB)

Abstract

Skripsi dengan Judul” Penerapan Metode Field Trip Pada Kegiatan Menulis Puisi untuk Siswa Kelas VIII MTs Al-Huda Bandung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Suciana, NIM. 17210153015, pembimbing Dr. Mohamad Jazeri, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia pada pembelajaran menulis puisi, ini dikarenakan pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode saintifik tanpa diselingi dengan metode lain. Hal ini menyebabkan siswa mudah jenuh dengan pembelajaran di kelas yang berdampak pula pada rendahnya tingkat aktivitas belajar siswa. Keadaan yang demikian mendorong peneliti untuk menerapkan alternatif metode pembelajaran, yaitu menerapkan metode field trip. Metode field trip merupakan metode pembelajaran di luar kelas dengan mengajak siswa mengunjungi sebuah lokasi. Dengan mengunjungi lokasi yang berhubungan dengan objek yang akan dideskripsikan diharapkan siswa lebih mudah untuk memberikan gambaran tentang objek yang dilihatnya secara langsung, sehingga diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kualitas proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII MTs AL-Huda Bandung Tahun ajaran 2018/2019 melalui penerapan metode field trip; dan (2) kualitas hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII MTs Al-Huda Bandung tahun jaran 2018/2019 melalui penerapan metode field trip. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif. Objek penelitiannya adalah pembelajaran menulis puisi, sedangkan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A dan VIII B MTs Al-Huda Bandung. Sumber data yang digunakan adalah dokumen, informan, dan tempat peristiwa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yang berbeda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian adalah tes, wawancara serta dokumentasi untuk menggali data. Teknik tes dan wawancara dilakukan guna untuk mengetahui lebih mendalam tentang kemampuan menulis puisi siswa. Dalam penelitian ini dipilih beberapa subjek penelitian dari kelas VIII A yakni 5 siswa dengan metode field trip, sedangkan kelas VIII B ada 5 siswa dengan metode pembelajaran saintifik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan metode field trip dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII MTs Al-Huda Bandung Tahun Ajaran 2018/2019. Hal ini ditunjukkan dari persentase keaktifan dan kesungguhan siswa dalam menulis puisi yang mengalami perbedaan yang menonjol. Pada kelas VIII B siswa yang aktif dan bersungguh-sungguh tidak ada separuh dari jumlah siswa, sedangkan dikelas VIII A hampir semua siswa yang aktif dan bersungguh-sungguh (2) penerapan metode field trip dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII MTs Al-Huda Bandung tahun ajaran 2018-2019. Hal ini ditandai dengan meningkatnya persentase siswa kelas VIII A dengan nilai yang sangat bagus, sedangkan kelas VIII B menerapkan metode pembelajaran saintifik hasil presentasenya kurang bagus.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: SKRIPSI 17210153015 SUCIANA
Date Deposited: 13 May 2019 04:28
Last Modified: 13 May 2019 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11231

Actions (login required)

View Item View Item