ALIFATUS ZAKIYAH, 17205153354 (2019) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (292kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (732kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (831kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (385kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (9kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
Alifatus Zakiyah, 17205153354, Pengaruh Gaya Belajar terhadap Minat Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tulungagung. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung , Pembimbing Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Gaya Belajar Visual, Audiotori, Kinestetik dan Minat Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan siswa didalam kelas yang cenderung merasa bosan dan tidak memperhatikan guru mengajar serta suasana kelas yang terasa menegangkan. Karena guru cenderung menggunakan model pembelajaran ceramah dan tidak memperhatikan gaya belajar siswa sehingga mempengaruhi ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran. Sehingga peneliti melakukan penelitian dengan mengaitkan gaya belajar terhadap minat belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh gaya belajar visual terhadap minat belajar siswa MIN 1 Tulungagung?, (2) Adakah pengaruh gaya belajar audiotori terhadap minat belajar siswa MIN 1 Tulungagung?, (3) Adakah Pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap minat belajar siswa MIN 1 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh yang siginifikan gaya belajar visual terhadap minat belajar siswa, (2) Untuk menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh yang siginifikan gaya belajar audiotori terhadap minat belajar siswa, (3) Untuk menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh yang siginifikan gaya belajar kinestetik terhadap minat belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi, sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tulungagung, sampel yang diambil adalah kelas V-a dan V-b Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Regresi Linier Sederhana dan Uji T. Yang sebelumnya telah melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan linieritas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji regresi sederhana dan uji t menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara gaya belajar visual terhadap minat belajar dengan nilai Sig 0,010, (2) Hasil uji regresi sederhana dan uji t menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara gaya belajar audiotori terhadap minat belajar dengan nilai Sig 0,017, (3) Hasil uji regresi sederhana dan uji t menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara gaya belajar kinestetik terhadap minat belajar dengan nilai Sig 0,014.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153354 Alifatus Zakiyah |
Date Deposited: | 15 May 2019 03:06 |
Last Modified: | 15 May 2019 03:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11335 |
Actions (login required)
View Item |