PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG

ALIFATUS ZAKIYAH, 17205153354 (2019) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Alifatus Zakiyah, 17205153354, Pengaruh Gaya Belajar terhadap Minat Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tulungagung. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung , Pembimbing Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Gaya Belajar Visual, Audiotori, Kinestetik dan Minat Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan siswa didalam kelas yang cenderung merasa bosan dan tidak memperhatikan guru mengajar serta suasana kelas yang terasa menegangkan. Karena guru cenderung menggunakan model pembelajaran ceramah dan tidak memperhatikan gaya belajar siswa sehingga mempengaruhi ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran. Sehingga peneliti melakukan penelitian dengan mengaitkan gaya belajar terhadap minat belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh gaya belajar visual terhadap minat belajar siswa MIN 1 Tulungagung?, (2) Adakah pengaruh gaya belajar audiotori terhadap minat belajar siswa MIN 1 Tulungagung?, (3) Adakah Pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap minat belajar siswa MIN 1 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh yang siginifikan gaya belajar visual terhadap minat belajar siswa, (2) Untuk menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh yang siginifikan gaya belajar audiotori terhadap minat belajar siswa, (3) Untuk menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh yang siginifikan gaya belajar kinestetik terhadap minat belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi, sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tulungagung, sampel yang diambil adalah kelas V-a dan V-b Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Regresi Linier Sederhana dan Uji T. Yang sebelumnya telah melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan linieritas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji regresi sederhana dan uji t menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara gaya belajar visual terhadap minat belajar dengan nilai Sig 0,010, (2) Hasil uji regresi sederhana dan uji t menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara gaya belajar audiotori terhadap minat belajar dengan nilai Sig 0,017, (3) Hasil uji regresi sederhana dan uji t menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara gaya belajar kinestetik terhadap minat belajar dengan nilai Sig 0,014.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153354 Alifatus Zakiyah
Date Deposited: 15 May 2019 03:06
Last Modified: 15 May 2019 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11335

Actions (login required)

View Item View Item