PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MATERI PLANTAE MA MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

Viki Ainur Fatma, 17208153063 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MATERI PLANTAE MA MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (993kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Materi Plantae Ma Ma’arif Bakung Udanawu Blitar Tahun Ajaran 2018/2019” di tulis oleh Viki Ainur Fatma, NIM 17208153063, di bimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd, M.M. Kata Kunci : Inquiry, Motivasi, Hasil Belajar, Biologi Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena hasil belajar siswa yang rendah dipengaruhi dari siswa kurang antusias dalam mengikuti mata pelajaran biologi karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. di mana guru lebih aktif menjelaskan dan siswa hanya mendengarkan. Hal tersebut memungkinkan timbul dampak negatif seperti rendahnya motivasi belajar siswa dan hasil belajar. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MIA MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar apabila diterapkannya Model Pembelajaran Inquiry. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi belajar siswa kelas X materi plantae MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas X materi plantae MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X materi plantae MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendeketan kuantitatif, jenis eksperimen semu, populasinya adalah siswa kelas X MIA MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar berjumlah 243, teknik samplingnya adalah Cluster sampling, sampelnya siswa kelas X MIA 4 dan X MIA 6, metode pengumpulan data dengan tes, angket dan dokumentasi, analisis data menggunakan uji MANOVA bantuan SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikasi model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi belajar biologi. Berdasarkan uji manova dengan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikasi model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar biologi. Berdasarkan uji manova dengan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05. (3) ada pengaruh yang signifikasi model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi dan hasil belajar biologi. Berdasarkan uji manova untuk harga F hitung 29.389 dengan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X MIA MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153063 Viki Ainur Fatma
Date Deposited: 16 May 2019 04:20
Last Modified: 16 May 2019 04:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11343

Actions (login required)

View Item View Item