PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP NEGERI 1 NGANTRU TAHUN AJARAN 2018/ 2019

FAHMY ZUHRYAH, 17208153021 (2019) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP NEGERI 1 NGANTRU TAHUN AJARAN 2018/ 2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (824kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 1 Ngantru Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Fahmy Zuhryah, NIM. 17208153021, pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Hasil Belajar, Keterampilan Berpikir Kreatif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan bahwa pembelajaran masih hanya sekedar pemberian informasi kepada siswa dalam bentuk transfer of knowledge. Siswa sebatas mempelajari teori tanpa ada aplikasi atau tidak pernah menghasilkan produk, sehingga siswa tidak memiliki keterampilan berpikir kreatif dalam menciptakan sesuatu yang baru, sesuatu yang berbeda dari yang lain dan menciptakan solusi untuk memecahkan masalah. Dengan kondisi seperti itu membuat pembelajaran IPA menjadi tidak menarik, membosankan dan kurang bermakna bagi siswa, sehingga akan berimbas pada hasil belajar. Oleh karena itu pembelajaran perlu diperbaiki dengan model pembelajaran aktif dan mandiri yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif. Salah satunya adalah model pembelajaran Project Based Learning, model pembelajaran ini dapat mendorong siswa untuk aktif dan memunculkan gagasan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 1 Ngantru tahun ajaran 2018/2019, 2) untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 1 Ngantru tahun ajaran 2018/2019, 3) untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 1 Ngantru tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental designs yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 1 Ngantru tahun ajaran 2018/2019. Dengan variabel bebasnya model Project Based Learning, serta variabel terikatnya hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif. Populasinya adalah siswa kelas VII SMPN 1 Ngantru berjumlah 339 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, sampel penelitian ini adalah kelas VII-I dan VII-J sebanyak 65 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, dan tes. Metode analisis data menggunakan uji t dan uji manova. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 1 Ngantru tahun ajaran 2018/2019, berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung = 4,186 > ttabel = 1,998 dengan taraf signifikansi 5%. 2) ada pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 1 Ngantru tahun ajaran 2018/2019, berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung = 4,500 > ttabel = 1,998 dengan taraf signifikansi 5%. 3) ada pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 1 Ngantru tahun ajaran 2018/2019, berdasarkan uji manova diperoleh nilai Sig. sebesar 0,00. Berdasarkan kriteria menunjukkan bahwa 0,00 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153021 FAHMY ZUHRYAH
Date Deposited: 19 Jul 2019 03:22
Last Modified: 30 Mar 2020 12:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11473

Actions (login required)

View Item View Item