PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMAN 1 NGUNUT TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019

QURROTUL AINI, 17208153057 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMAN 1 NGUNUT TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Ngunut Tahun Pelajaran 2018/2019” yang di tulis oleh Qurrotul Aini, NIM. 17208153057, Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2019. Kata Kunci: model problem based learning, motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini berawal dari observasi pendahuluan saat PPL di SMAN 1 Ngunut Tulungagung memperoleh fakta bahwa penerapan kurikulum 2013 belum maksimal, pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered), dan satu-satunya sumber pengetahuan siswa. Siswa terlihat pasif saat diberikan pertanyaan, mudah bosan dan kurangnya motivasi belajar terhadap pembelajaran biologi yang berakibat rendahnya hasil belajar. Maka dipilihlah model PBL yang menggunakan permasalahan kehidupan sehari-hari yang cocok digunakan dalam pembelajaran biologi sehingga penerapan kurikulum 2013 lebih maksimal dan mampu membangkitkan motivasi belajar biologi siswa sehingga hasil belajar disekolah tersebut meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Ngunut tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain peneitian nonequivalent control group design dengan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 68 siswa yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Ngunut Tulungagung dengan kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pretest-postest dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 18 butir soal dan angket dengan 25 pertanyaan berupa pertanyaan positif dan negatif. Teknik analisis data menggunakan t-test. Sebelum melakukan t-test terlebih dahulu data harus homogen dan normal. Setelah data homogen dan normal selanjutnya melakukan t-test untuk menguji hipotesis. Uji hipotesis pertama yaitu motivasi belajar, hasil t-test diperoleh nilai 0,004 ≤ 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Uji hipotesis kedua, hasil belajar diperoleh nilai 0,039 ≤ 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Uji hipotesis ketiga, besar pengaruh model PBL sebesar 0.72707 dengan presentase 76 % tergolong sedang untuk motivasi belajar sedangkan untuk hasil belajar diperoleh effect size sebesar 0.51176 dengan presentase 69 % tergolong sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Ngunut tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: S.Pd. 17208153057 QURROTUL AINI
Date Deposited: 22 May 2019 07:40
Last Modified: 13 Apr 2020 02:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11524

Actions (login required)

View Item View Item