RIKA SANTICA DEVI, 17208153067 (2019) PENGARUH MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (241kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Mobile Learning Berbasis Android terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIA di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar”. ini ditulis oleh Rika Santica Devi, NIM. 17208153067, Pembimbing Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Media Mobile Learning, Motivasi belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar serta peningkatan hasil belajar siswa yang belum signifikan karena penggunaan media pembelajaran yang monoton dan tidak menarik. Terbatasnya waktu pembelajaran di kelas membuat materi yang diterima siswa kurang optimal. Hal tersebut mendukung munculnya inovasi media Mobile Learning berbasis android yang menarik, dapat dipelajari secara mandiri, praktis, serta dapat dipelajari dimanapun dan kapanpun. Dalam hal ini peneliti bermaksud mengetahui pengaruh media Mobile Learning berbasis android terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIA di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh media Mobile Learning berbasis android terhadap motivasi belajar Biologi siswa? (2) Adakah pengaruh media Mobile Learning berbasis android terhadap hasil belajar Biologi siswa? (3) Adakah pengaruh media Mobile Learning berbasis android terhadap motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIA di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh media Mobile Learning berbasis android terhadap motivasi belajar Biologi siswa (2) untuk mengetahui pengaruh media Mobile Learning berbasis android terhadap hasil belajar Biologi (3) untuk mengetahui pengaruh media Mobile Learning berbasis android terhadap motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIA di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data yang diperoleh diolah dengan Independent Samples t-test dan MANOVA (Multivariate Analisis of Variance). Independent Samples t-test untuk mengetahui pengaruh media Mobile Learning berbasis android terhadap motivasi belajar Biologi siswa dan pengaruh media Mobile Learning berbasis android terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIA di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar, sedangkan MANOVA (Multivariate Analisis ofVariance) untuk mengetahui pengaruh media Mobile Learning berbasis android terhadap motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIA di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh positif dan signifikan media Mobile Learning berbasis android terhadap motivasi belajar Biologi siswa, dari hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. (2) ada pengaruh positif dansignifikan media Mobile Learning berbasis android terhadap hasil belajar Biologi siswa, dari hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,031 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. (3) ada pengaruh positif dan signifikan media Mobile Learning berbasis android terhadap motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIA di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar. Hal ini diketahui dari hasil uji anova 2 jalur dengan jenis uji multivariate analisis of variance (MANOVA), menunjukkan nilai Sig adalah 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya media Mobile Learning berbasis android mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIA di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 17208153067 RIKA SANTICA DEVI |
Date Deposited: | 24 Jun 2019 03:13 |
Last Modified: | 24 Jun 2019 03:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11588 |
Actions (login required)
View Item |