PENGARUH MOTIVASI MENGHAFAL AL-QURAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIST MA DARUL FALAH BENDILJATI KULON TAHUN 2018/2019

LAILA FINA JAYANTI, 17201153458 (2019) PENGARUH MOTIVASI MENGHAFAL AL-QURAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIST MA DARUL FALAH BENDILJATI KULON TAHUN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi Menghafal Al-Quran terhadap Prstasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Quran Hadist MA Darul Falah Bendiljati Kulon Tahun 2018/2019” ini ditulis oleh Laila Fina Jayanti 17201153458, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri Tulungagung. Dosen Pembimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M. Pd. I, NIP. 19720601 200003 1 002 Kata Kunci : Motivasi Menghafal Al-Quran, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena dimana peserta didik mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran Al-Quran Hadist. Disamping siswa harus memahami isi materi yang terkandung dalam surat Al-Quran, siswa juga dituntut untuk menghafalkan ayat Al-Quran tersebut. Di lembaga MA Darul Falah memiliki sebuh program unggulan yaitu menghafal Al-Quran, ini dapat menunjang prestasi siswa khususnya mata pelajaran Al-Quran Hadist. Dan setiap siswa memiliki guru pendamping yang bertugas untuk membimbing dan mengarahkan siswa dalam proses menghafalkan Al-Quran. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) apakah ada pengaruh motivasi menghafal Al-Quran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Quran Hadist MA Darul Falah Bendiljati Kulon? (2) seberapa besar pengaruh motivasi menghafal Al-Quran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Quran Hadist MA Darul Falah Bendiljati Kulon? Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh motivasi menghafal AlQuran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Quran Hadist MA Darul Falah Bendiljati Kulon. (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi menghafal Al-Quran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Quran Hadist MA Darul Falah Bendiljati Kulon. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA Darul Falah Bendiljati Kulon yang berjumlah 87. Dalam penelitian ini digunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh antara motivasi menghafal Al-Quran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Quran Hadist MA Darul Falah Bendiljati Kulon sebesar 0,049 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,01 (0,001 < 0,01). (2) besar pengaruh motivasi menghafal Al-Quran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Quran Hadist MA Darul Falah Bendiljati Kulon sebesar 25,4% ; R2 = 0,254 ; β = 0,493 ; p < 0,01.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17801153458 LAILA FINA JAYANTI
Date Deposited: 17 Jul 2019 04:11
Last Modified: 17 Jul 2019 04:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11612

Actions (login required)

View Item View Item