PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG

LULUK DEWI SURYANI, 17205153219 (2019) PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (424kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (673kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (416kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini memiliki judul “Pengaruh Metode Quantum Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung” yang ditulis oleh Luluk Dewi Suryani, NIM. 17205153219, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci : Quantum Learning, motivasi belajar, hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya asumsi negatif siswa mengenai mata pelajaran matematika, kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika, hasil belajar siswa yang kurang maksimal pada mata pelajaran matematika, serta penggunaan metode konvensional membuat siswa tidak berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang tepat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu metode yang dapat digunakan yaitu Quantum Learning. Melalui metode ini siswa dituntut berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar sehingga hal tersebut dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mengetahui pengaruh dari metode Quantum Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung, 2) Mengetahui pengaruh dari metode Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung, 3) Mengetahui pengaruh dari metode Quantum Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi experiment) dengan populasi seluruh siswa SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung, sebagai sampel penelitian adalah siswa kelas tiga yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket, tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui angket dan juga tes dianalisis menggunakan analisis data uji t dan MANOVA. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) berdasarkan analisis data uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Quantum Learing terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,018 < 0,05. (2) berdasarkan analisis data uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Quantum Learing hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) berdasarkan analisis data uji MANOVA menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Quantum Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153219 LULUK DEWI SURYANI
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:49
Last Modified: 21 Jun 2019 07:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11616

Actions (login required)

View Item View Item