KHOIRIYATUN NIKMAH, 17205153217 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (638kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (257kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (451kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (692kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (736kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (873kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (290kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (314kB) |
Abstract
ABSTRAK Khoiriyatun Nikmah, 17205153217, Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata Kunci: Model Pembelajaran Direct Instruction, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya hasil belajar siswa yang kurang dari nilai ketuntasan belajar, karena siswa masih merasa kesulitan dalam memahami, menulis, serta menggunakan bahasa baku yang baik dan benar. Hal ini karena masih kurangnya motivasi siswa yang berasal dari dalam diri siswa maupun dari luar diri siswa untuk melaksanakan pembelajaran. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Adakah pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap motivasi belajar ? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar ? (3) Adakah pengaruh secara bersama-sama antara model pembelajaran direct instruction terhadap motivasi dan hasil belajar ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap motivasi belajar, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar, (3) Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara model pembelajaran direct instruction terhadap motivasi dan hasil belajar siswa MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Metode penelitian, penelitian pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Teknik sampling yang digunakan non probability sampling yaitu purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MI Hidayatul Mubtadiin Wates Tulungagung, sampel yang diambil adalah siswa kelas IV A dan IV B MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t sampel bebas, dan Uji Manova yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji t angket motivasi diperoleh nilai Sig. 0,024. Nilai Sig. < 0,05 maka diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap motivasi belajar, (2) hasil uji t post tes diperoleh nilai Sig. 0,023. Nilai Sig. < 0,05 maka diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar, (3) hasil uji manova angket motivasi dan post tes diperoleh nilai Sig. 0,040. Nilai Sig. < 0,05 maka diterima, artinya ada pengaruh secara bersama-sama antara xvii model pembelajaran direct instruction terhadap motivasi dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153217 KHOIRIYATUN NIKMAH |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 07:52 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 07:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11617 |
Actions (login required)
View Item |