HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI MI NAJATUS SALIKIN KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI

RAHMADANI RISTA FAUZIYAH, 17205153333 (2019) HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI MI NAJATUS SALIKIN KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (759kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (95kB)

Abstract

abstrakSkripsi dengan judul “Hubungan antara Minat Baca dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Integratif di MI Najatus Salikin Tarokan Kediri” ini ditulis oleh Rahmadani Rista Fauziyah, NIM. 17205153333, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Nurul Chojimah, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pernyataan bahwa membaca merupakan bagian dari proses pendidikan. Dengan membaca pengetahuan dan wawasan siswa dapat bertambah. Kebiasaan membaca siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor yang mendorong siswa untuk terbiasa membaca yaitu minat. Minat membaca bukanlah sesuatu yang lahir secara langsung, tetapi perlu ditumbuhkan. Sekolah, guru, orang tua, dan lingkungan siswa memiliki peran penting dalam menumbuhkan dan meningkatkan minat baca siswa, guna mendukung hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah adakah hubungan antara minat baca dan hasil belajar pada pembelajaran tematik integratif di MI Najatus Salikin Tarokan Kediri ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat baca dan hasil belajar pada pembelajaran tematik integratif di MI Najatus Salikin Tarokan Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam peneltian ini yaitu siswa MI Najatus Salikin Tarokan Kediri yang berjumlah 1 64 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah puposive sampling dengan jumlah sampel 49 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, spearman correlation, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca siswa kelas IV dan kelas V MI Najatus Salikin Tarokan Kediri termasuk cukup dan hasil belajar pada pembelajaran tematik termasuk baik. Hasil perhitungan spearman correlation menunjukkan bahwa nilai koefisien 0,441 dan nilai signifikan 0,002. Besar korelasi antara minat baca dan hasil belajar pembelajaran tematik integratif termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan hasil dari signifikansi (0,002 < 0,005). Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dan hasil belajar pada pembelajaran tematik integratif di MI Najatus Salikin Tarokan Kediri. Kata kunci : Minat Baca, Hasil Belajar, Tematik Integratif

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153333 RAHMADANI RISTA FAUZIYAH
Date Deposited: 25 Jun 2019 04:02
Last Modified: 25 Jun 2019 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11641

Actions (login required)

View Item View Item