SUFIA FIKRINA, 17201153074 (2019) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (255kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (209kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (660kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (359kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (135kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (990kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Akhlak Siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Sufia Fikrina, NIM. 17201153074, pembimbing Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci : Peran Guru Akidah Akhlak, Akhlak Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang sering dijumpai dimana tingkah laku peserta didik belum menunjukkan akhlak yang baik, oleh karena itu perlu adanya peran guru akidah akhlak sebagai pengajar untuk membina akhlak siswa, karena tanpa adanya peran guru dalam membina akhlak siswa, siswa akan menjadi sangat pasif dan tidak kreatif sehingga siswa kurang dapat dikembangkan potensinya, dengan adanya peran guru akidah akhlak diharapkan bisa meningkatkan akhlak dan potensi siswa itu dapat berkembang menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pengajar dalam pembinaan akhlak siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam pembinaan akhlak siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pemimpin dalam pembinaan akhlak siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitiannya di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis non statistik atau analisis deskriptif kualitatif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi, ketekunan/keajekan pengamat, dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) Peran guru akidah akhlak sebagai pengajar dalam pembinaan akhlak siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung diwujudkan dengan tindakan guru akidah akhlak memberikan pengajaran dengan mudah dan memberikan pelayanan agar peserta didik dapat memiliki akhlak yang mulia seperti saling tolong menolong, mengadakan kegiatan peringatan hari besar Islam, adanya kelas tahfidz al-Qur’an di kelas tertentu, dan mengaji kitab kuning setiap hari jum’at dan sabtu untuk kelas VII dan VII. (2) Peran guru akidah akhlak sebagai pendidik (educator) dalam pembinaan akhlak siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung diwujudkan dengan tindakan guru akidah akhlak dalam mengembangkan kepribadian yang baik melalui pembiasaan untuk saling menyapa, mengucapkan salam dan berjabat tangan kepada guru maupun sesama siswa, mengajarakan dan mendidik untuk berdo’a dan mengaji sebelum kegiatan belajar mengajar, kemudian guru akidah akhlak melaksanakan perannya sebagai pendidik dengan memberi teladan kepada peserta didik untuk melaksanakan shalat dhuha dan shalat dhuhur berjamaah, menjaga kebersihan lingkungan, mengoptimalkan kegiatan keagamaan melalui kegiatan mengaji kitab, mendidik siswa untuk peduli kepada sesama melalui infak pada hari jum’at. Sasaran guru akidah akhlak dalam mendidik tidaklah hanya aspek kognitif, melainkan juga lebih ditekankan aspek afektif (perilaku/akhlak). (3) Peran guru akidah akhlak sebagai pemimpin dalam pembinaan akhlak siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung diwujudkan dengan tindakan guru akidah akhlak untuk memberi contoh, mendorong dan mengarahkan peserta didik untuk shalat dhuha pada jam istirahat pertama dan shalat dhuhur berjamaah pada jam istirahat kedua, pemberian sanksi/hukuman untuk mendisiplinkan siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153074 SUFIA FIKRINA |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 03:48 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 03:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11649 |
Actions (login required)
View Item |