STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DI MIN 3 TULUNGAGUNG

NURMA ISTIKOMAH, 17205153248 (2019) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (271kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik di MIN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Nurma Istikomah, NIM 17205153248, Pembimbing H.Nurul Huda, MA. Kata kunci: Strategi Guru Akidah Akhlak, Karakter Religius Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang sering dijumpai yaitu dimana kurangnya kesadaran peserta didik dalam berperilaku atau sikap religius. Dalam hal ini membentuk kepribadian peserta didik dengan menggunakan strategi. Perlunya guru akidah akhlak untuk menanamkan karakter religius peserta didik dengan strategi.Tanpa adanya strategi yang diaplikasikan dalam menanamkan karakter religius pada peserta didik maka proses menanamkan karakter religius tidak akan berjalan dengan efektif dan perilaku religius peserta didik juga menjadi berkurang. Strategi yang diaplikasikan guru dalam menanamkan karakter religius dapat mengamalkan dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius shidiq siswa di MIN 3 Tulungagung.(2) Bagaimanakah strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius fathonah siswa di MIN 3 Tulungagung. (3) Bagaimanakah strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius amanah siswa di MIN 3 Tulungagung. (4) Bagaimanakah strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius tabligh siswa di MIN 3 Tulungagung ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan karakter religius shidiq siswa di MIN 3 Tulungagung. (2) Untuk mendiskripsikan karakter religius fathonah siswa di MIN 3 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan karakter religius amanah siswa di MIN 3 Tulungagung. (4) Untuk mendeskripsikan karakter religius tabligh siswa di MIN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian di MIN 3 Tulungagung, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu person, place, dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif. Sedangkan pengecekan keabsahan menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius shidiq siswa di MIN 3 Tulungagung meliputi meliputi bentuk pelaksaanaan aktivitas –aktivitas memberikan pengawasan, motivasi, memberikan tugas, pembiasaan dan jujur dalam mengerjakan ujian harian, ujian semester, dan mengerjakan tugas dari guru serta memberikan pengawasan secara langsung ketika mengerjakan ujian semester dan ulangan harian.(2)strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius fathonah siswa di MIN 3 Tulungagung meliputi bentuk-bentuk pelaksanan aktivitas meliputi keteladanan, tanya jawab, pembiasaan rutin, penanaman melalui kerja kelompok untuk peserta didik berfikir kritis dalam memecahkan suatu masalah dengan mandiri. (3) strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius amanah siswa di MIN 3 Tulungagung meliputi keteladanan, pembiasaan, hukuman dan nasehat. (4) strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius tabligh siswa di MIN 3 Tulungagung meliputi pelaksanaan aktivitas nasehat, keteladanan dan memberikan penjelasan dan menyelipkan wejangan kepada peserta didik dalam setiap proses pembelajaran untuk selalu bersikap sopan ketika bertutur kata kepada orang yang lebih tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd 17205153248 Nurma Istikomah
Date Deposited: 26 Jun 2019 04:23
Last Modified: 26 Jun 2019 04:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11674

Actions (login required)

View Item View Item