PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X IPS 4 SMAN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

SUCI NI’MATUL ULFA, 17204153051 (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X IPS 4 SMAN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (535kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (63kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas X IPS 4 SMAN 1 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Suci Ni’matul Ulfa, NIM. 17204153051, pembimbing Musrikah, M.Pd Kata Kunci: kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, hasil belajar matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai macam permasalahan siswa dalam aktifitas belajar matematika. Permasalahan tersebut dapat berasal dari luar atau berasal dari dalam diri siswa itu sendiri. Masalah pokok yang diteliti dalam penelitian ini adalah pengaruh antara kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar matematika. Salah satu hal yang penting dari dalam diri siswa adalah kemampuan menguasai emosi diri. Sehingga apabila penguasaan emosi diri baik, siswa akan lebih mudah untuk menerima pelajaran atau menghadapi berbagai masalah yang dihadapi dalam aktifitas belajar. Dengan adanya kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar matematika seorang siswa akan mampu menghadapi dan mengatasi segala hambatan khususnya dalam belajar matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019? (2) Apakah ada pengaruh kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019? (3) Apakah ada pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngunut yang terdiri dari 10 kelas yaitu kelas, diantaranya 6 kelas MIPA dan 5 kelas IPS. Adapun sampelnya adalah kelas X IPS 4. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini ada dua yakni kecerdasan emosional (

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153051 SUCI NI’MATUL ULFA
Date Deposited: 27 Jun 2019 04:28
Last Modified: 27 Jun 2019 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11690

Actions (login required)

View Item View Item