PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SDN 3 KETANON KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN 2018/2019

NURUL ALFIATUL LAILI, 17205153336 (2019) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SDN 3 KETANON KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (625kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SDN 03 Ketanon Kedungwaru Tulungagung Tahun 2018/2019” ini ditulis oleh Nurul Alfiatul Laili, NIM. 17205153336, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. H. Munardji, M.Ag. Kata Kunci: Keterampilan Mengajar Guru, Karakter Siswa Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh terdapat kesenjangan dalam proses pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari sebagian siswa yang cenderung bermalas-malasan dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, siswa kurang kondusif dalam kelas dan lebih pada berbuat kegaduhan. Dan didalam proses pembelajaran beberapa guru terkesan kurang terampil dalam memberikan variasi penyampaian materi pembelajaran, dalam menyampaikan pembelajaran juga terkesan monoton. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap pembentukan karakter siswa di SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungagung tahun 2018/2019? (2) Adakah pengaruh keterampilan mengelola kelas guru terhadap pembentukan karakter siswa di SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungangung tahun 2018/2019? (3) Adakah pengaruh keterampilan mengadakan variasi pembelajaran guru terhadap pembentukan karakter siswa SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungagung tahun 2018/2019? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungagung yang berjumlah 72 siswa. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dengan menggunakan kelas 3, 4, dan 5 yang berjumlah 31 siswa. Data yang diperoleh adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, dengan uji f dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara parsial ada pengaruh positif dan signifikan antara keterampilan bertanya guru terhadap pembentukan karakter siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan uji t, hasil yang diperoleh adalah t hitung 3, 925 > 2,045 t tabel, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan ada pengaruh positif dan signifikan antara keterampilan bertanya guru terhadap pembentukan karakter siswa dengan f hitung 15,404 > 4,18 f tabel, dengan nilai signifikansi < 0,05. (2) Secara parsial ada pengaruh positif dab signifikan antara keterampilan mengelola kelas guru terhadap pembentukan karakter siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan uji t, hasil yang diperoleh adalah t hitung 2,381 > 2,045, dengan nilai signifikansi 0,024 < 0,05. Secara simultan ada pengaruh positif dan signifikan antara keterampilan mengelola kelas guru terhadap pembentukan karakter siswa dengan f hitung 5,667 > 4,18 f tabel, dengan nilai signifikansi < 0,05. (3) Secara parsial ada pengaruh positif dan signifikan antara keterampilan mengadakan variasi guru terhadap pembentukan karakter siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan uji t, hasil yang diperoleh adalah t hitung 2,227 > 2,045 t tabel, dengan nilai signifikansi 0,034 < 0,05. Secara simultan ada pengaruh positif dan signifikan antara keterampilan mengadakan variasi terhadap pembentukan karakter siswa dengan f hitung 4,959 > 4,18 f tabel, dengan nilai signifikansi < 0,05. Dari analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin baik keterampilan mengajar guru, maka pembentukan karakter siswa akan semakin baik pula.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153336 NURUL ALFIATUL LAILI
Date Deposited: 27 Jun 2019 06:56
Last Modified: 27 Jun 2019 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11694

Actions (login required)

View Item View Item