MEGA MADILA RISMAWATI, 17204153238 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (967kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (810kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (361kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Mega Madila Rismawati, NIM 17204153238, dengan dosen pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Scramble, Minat belajar, Hasil Belajar Kurangnya minat belajar siswa dalam menyelesaikan soal matematika mengakibatkan kendala siswa dalam kesulitan belajar sehingga mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang bervariatif agar minat dan hasil belajar siswa semakin meningkat. Model pembelajaran scramble ini merupakan salah satu model pembelajaran yang dirasa dapat membantu meningkatkan minat siswa yang pada akhirnya akan berpengaruh pada hasil belajar yang lebih baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap minat belajar matematika di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar matematika di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap minat dan hasil belajar matematika di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya quasy experiment design. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang minat belajar peserta didik kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung yang digunakan sebagai sampel penelitian.Sampel yang digunakan adalah dua kelas, yaitu siswa kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol menggunakan tehnik purpose sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Manova. Hasil penelitian adalah: (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung yang ditunjukkan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%, (2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung yang ditunjukkan dengan nilai Sig. 0,002 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%, (3) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil dan minat belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung yang ditunjukkan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153238 MEGA MADILA RISMAWATI |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 07:33 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 07:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11730 |
Actions (login required)
View Item |