PENGARUH STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 2 TUGU TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018/2019

MUSTAFATIN JANATUN A.R.A, 17204153125 (2019) PENGARUH STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 2 TUGU TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Active Knowledge Sharing Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Negeri 2 Tugu Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Mustafatin Janatun Angen Rinenggo Arum, 17204153125, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Active Knowledge Sharing, Minat Siswa, Hasil Belajar, dan Aritmatika Sosial Matematika adalah salah satu ilmu yang memiliki peranan sangat vital dalam kehidupan sehari-hari.Namun pada kenyataannya matematika tetaplah menjadi mata pelajaran yang menakutkan bagi siswa. Persepsi siswa tersebut muncul dikarenakan kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran matematika. Oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar untuk menumbuhkan minat siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah Active Knowledge Sharing. Melalui strategi ini siswa dapat saling tukar pengetahuan dengan teman dan siap belajar dengan mudah dan cepat. Selain itu siswa juga akan lebih aktif dan percaya diri saat pembelajarn matematika berlangsung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untu mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap minat siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP Negeri 2 Tugu. (2) ada tidaknya pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap hasil belajar pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP Negeri 2 Tugu. (3) ada tidaknya pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap minat dan hasil belajar pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP Negeri 2 Tugu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Adapun, metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: (1) tes, (2) angket, (3) dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tugu dengan mengambil 2 sampel yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data diketahui:(1) Ada pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap minat belajar matematika siswa pada taraf signifikansi sebesar 0,022. (2) Ada pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap hasil belajar siswa pada taraf signifikansi sebesar 0,000.(3) Ada pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap minat dan hasil belajar siswa pada taraf signifikansi sebesar 0,002.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153125 MUSTAFATIN JANATUN A.R.A
Date Deposited: 27 Jun 2019 04:24
Last Modified: 27 Jun 2019 04:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11762

Actions (login required)

View Item View Item