KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KALIGRAFI UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SANTRI DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL KAMAL KUNIR WONODADI BLITAR

KUSMIASIH, 17201153197 (2019) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KALIGRAFI UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SANTRI DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL KAMAL KUNIR WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (523kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kegiatan Ekstrakurikuler Kaligrafi untuk Mengembangkan Kreativitas Santri Di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar” yang ditulis oleh Kusmiasih, NIM 17201153197, dibimbing oleh Drs. H. Masduki, M.Ag. Kata kunci: Ekstrakurikuler, Kaligrafi, Kreativitas Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa santri yang masih mengalami kesulitan menulis kata dalam bahasa Arab, terlebih lagi menulis kaligrafi sehingga kreativitas santri di pondok pesantren terpadu Al kamal belum berkembang. Berangkat dari latar belakang itulah penulis berkeinginan membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Kegiatan Ekstrakurikuler Kaligrafi untuk Mengembangkan Kreativitas Santri Di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi dalam mengembangkan kreativitas santri di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana hambatan kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi dalam mengembangkan kreativitas santri di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar? (3) Bagaimana dampak kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi dalam mengembangkan kreativitas santri di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan kredibilitas, transferability, dependability dan konfirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi dalam mengembangkan kreativitas santri yaitu : (1) Sebagai dakwah / syiar Islam. (2) Pemenuhan (melakukan) kegiatan sebagai program tambahan di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal. (3) Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan hanya satu minggu sekali, yaitu dihari minggu sore diampu oleh dua pengampu. (4) Dapat menggali potensi santri sehingga tersalurkan minat dan bakat santri agar berkembang kreativitasnya. Sedangkan hambatan ekstrakurikuler kaligrafi dalam mengembangkan kreativitas santri yaitu : (1) Waktu yang tersedia untuk pembelajaran masih sangat terbatas. (2) Kesibukan pengajar sehingga kurang istiqomah dalam masuk kelas. (3) Tingkat kesemangatan dari para santri masih naik turun. (4) Rendahnya angka prestasi santri. Adapun dampak ekstrakurikuler kaligrafi dalam mengembangkan kreativitas santri yaitu : (1) Dapat menggali dan mengembangkan potensi dan minat santri sehingga lebih kreatif dan inovatif. (2) Santri menjadi disiplin (3) Daya tarik tersendiri bagi wali santri yang mengharapkan pengembangan bakat, minat serta kreativitas putra-putrinya. (4) Skill santri dalam membuat kaligrafi terasah dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153197 KUSMIASIH
Date Deposited: 05 Jul 2019 02:20
Last Modified: 05 Jul 2019 02:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11778

Actions (login required)

View Item View Item