PENGARUH MINAT MEMBACA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI MIN 14 BLITAR

SITI ZAHROTULHIDAYAH, 17205153368 (2019) PENGARUH MINAT MEMBACA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI MIN 14 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Minat Membaca dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MIN 14 Blitar” ini ditulis oleh Siti Zahrotulhidayah, NIM 17205153368, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci : Minat Membaca, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar IPA Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan, melalui pendidikan diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia. Tujuan pendidikan khususnya yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu minat membaca serta motivasi belajar. Minat membaca yaitu keinginan yang kuat disertai usaha-usaha seseorang untuk membaca. Sedangkan motivasi belajar yaitu adalah keseluruhan daya penggerak yang ada dalam diri yang menimbulkan kegiatan belajar dan memberi arah terhadap kegiatan belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar IPA di MIN 14 Blitar? (2) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA di MIN 14 Blitar? (3) Adakah pengaruh minat membaca dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA di MIN 14 Blitar? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar IPA di MIN 14 Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA di MIN 14 Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh minat membaca dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA di MIN 14 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan teknik pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 14 Blitar, sampel yang diambil adalah kelas V-A dan kelas V-B. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan uji instrumen, uji prasyarat, uji asumsi klasik dan uji regresi. Hasil dari penelitian ini (1) Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa minat membaca berpengaruh terhadap hasil belajar IPA di MIN 14 Blitar, dengan hasil hipotesis didapat nilai thitung adalah 2,092 dan diketahui ttabel adalah 1,686 sehingga thitung > ttabel dengan taraf sign = 0,043, sign < 0,05. (2) Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPA di MIN 14 Blitar, dengan hasil hipotesis didapat nilai thitung adalah 2,552 dan ttabel 1,686 sehingga thitung > ttabel dengan taraf sign 0,015, sign < 0,05. (3) Hasil pengujian hipotesis secara simultan diperoleh bahwa minat membaca dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil beljar IPA fhitung adalah 3,349, dan ftabel adalah 3,24 dengan perbandingan antara fhitung dengan ftabel sehingga fhitung > ftabel yaitu 3,349 > 3,24. Besar pengaruh minat membaca dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA yaitu 15,2% artinya minat membaca dan motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar IPA sebesar 15,2%, dan sisanya 84,8% hasil belajar IPA dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153368 SITI ZAHROTULHIDAYAH
Date Deposited: 04 Jul 2019 03:35
Last Modified: 04 Jul 2019 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11783

Actions (login required)

View Item View Item