NUR HABIBAH FAUZIYAH, 17205153367 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS III MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
||
Text
Abstrak.pdf Download (476kB) |
||
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (548kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (669kB) | Preview |
|
Text
Bab IV.pdf Download (762kB) |
||
Text
Bab V.pdf Download (571kB) |
||
Text
Bab VI.pdf Download (268kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (307kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas III MIN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Habibah Fauziyah, NIM. 17205153367, pembimbing Ibu Mirna Wahyu Agustina, M. Psi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Kemampuan Berpikir Kreatif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan siswa di dalam kelas yang berimbas kepada kemampuan berpikir kreatif yang kurang, padahal kemampuan berpikir kreatif tersebut sangatlah penting dimiliki oleh setiap siswa untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang dialaminya di dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu penyebab kurangnya keaktifan siswa di dalam kelas yaitu penggunaan model pembelajaran yang monoton, yaitu model pembelajaran konvensional (ceramah) di setiap pembelajaran. Oleh karena itu, untuk meminimalisir hal tersebut menurut peniliti model pembelajaran yang tepat diterapkan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah model pembelajaran snowball throwing, dimana model pembelajaran ini didesain seperti permainan yaitu dengan melemparkan gumpalan kertas yang berisi pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya, kemudian secara acak siswa menjawab pertanyaan yang telah ia terima. Model pembelajaran ini melatih daya responsif siswa, serta kesiapan siswa dalam menghadapi segala tantangan dalam pembelajaran sehingga kemampuan berpikir kreatif siswa juga akan meningkat lebih baik lagi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III MIN 7 Tulungagung?, (2) Seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III MIN 7 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III MIN 7 Tulungagung, (2) Untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III MIN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain the nounequivalent control group design serta menggunakan instrument tes untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III MIN 7 Tulungagung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen sebanyak 25 siswa dan kelas III B sebagai kelas kontrol sebanyak 24 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji independent t test untuk mengetahui model pembelajaran snowball throwing berpengaruh secara signifikan atau tidak dan uji effect size untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III MIN 7 Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III MIN 7 Tulungagung, hal ini terbukti dari analisis data menggunakan uji independent sample t-test menghasilkan thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 3,341 > 2,001 dan nilai sig. (2 tailed) 0,002 < 0,05. (2) Besar pengaruh penggunaan model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III MIN 7 Tulungagung dengan perhitungan effect size sebesar 0,95 atau 82% yang tergolong tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Umum Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S. Pd. 17205153367 Nur Habibah Fauziyah |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 07:08 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 07:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11812 |
Actions (login required)
View Item |