PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AL -QUR’AN HADITS MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

HIDAYATUL ISTIKOMAH, 17205153272 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AL -QUR’AN HADITS MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (351kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (430kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)

Abstract

ABSTRAK Hidayatul Istikomah, 17205153272, Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Examples Non Examples, Hasil, Al-Qur’an Hadits Model pembelajaran Examples Non Examples merupakan pembelajaran koopeatif. Penggunaan gambar dalam model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran. Karena guru cenderung menggunakan model pembelajaran ceramah, sehingga siswa terlihat kurang tertarik dan merasa jenuh saat pembelajaran berlangsung. Rumusan dari penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung, 2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung yang berjumlah 201. Dalam penelitian ini sampel yang dipilih sebagai subyek penelitian adalah siswa III A sebagai kelas kontrol dan kelas III B sebagai kelas eksperimen di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes. Soal tes tersebut digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung Analisis data menggunakan uji t-test dan uji pengaruh (effect size). Hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah: 1) Uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh dengan nilai Sig 2 tailed 0,000<0,05 sehingga HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits MI Al-Hidayah 01 Betak Tulungagung. 2) Besarnya pengaruh yang diperoleh d= 0,1 berdasarkan pada tabel interpretasi nilai Cohen’s maka d= 0,1 dengan presentase 54%. Berdasarkan hasil penelitian maka pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits MI Al-Hidayah 01 Betak Tulungagung yaitu sebesar 54% termasuk dalam kategori rendah

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153272 HIDAYATUL ISTIKOMAH
Date Deposited: 01 Jul 2019 03:10
Last Modified: 01 Jul 2019 03:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11830

Actions (login required)

View Item View Item