PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA DI MTs AS-SYAFI’IYAH POGALAN TRENGGALEK TAHUN 2019

Renovia Rinda Devikarani, 17201153257 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA DI MTs AS-SYAFI’IYAH POGALAN TRENGGALEK TAHUN 2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (74kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Di MTs As-Syafi’iyah Pogalan Trenggalek Tahun 2019” yang ditulis oleh Renovia Rinda Devikarani, NIM. 17201153257, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dosen Pembimbing: Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivement Divisions) Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang ketika diajar itu jarang memperhatikan penjelasan dari gurunya, bahkan diantara mereka ada yang ramai sendiri, menjaili temannya, dan terkadang banyak yang keluar kelas dengan alasan pergi ke toilet bahkan sampai pelajaran selesai belum kembali ke kelas, dan banyak juga peserta didik jarang mengajukan pertanyaan walaupun guru sering memberi kesempatan kepada mereka untuk bertanya tentang apa yang mereka kurang pahami. Hal itu mengakibatkan hasil belajar peserta didik kurang maksimal. Oleh karena itu diperlukan adanya model pembelajaran yang menarik yang dapat membangkitkan rasa semangat siswa saat pembelajaran didalam kelas dan pembelajaran yang membebaskan peserta didik itu untuk berpendapat dan mengembangkan kreatifitasnya dalam menyampaikan pendapat. Pembelajaran tesrebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu proses pembelajaran yang menekankan pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar fiqih siswa dilihat dari aspek kognitif? (2) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar Fiqih siswa dilihat dari aspek afektif ? (3) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar Fiqih siswa dilihat dari aspek psikomotorik ? Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan Quasi Eksperimen Design atau eksperimen semu tipe Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar fiqih siswa kelas VIII MTs As-Syafi’iyah Pogalan Trenggalek. Populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs As-Syafi’iyah Pogalan Trenggalek yang berjumlah 75 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik Probability Sampling dan menggunakan jenis Simple Random Sampling. Simple Random Sampling adalah pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan peneliti yang hanya menggunakan dua kelas yaitu satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 53 siswa dari kelas eksperimen (VIII A) dan kelas kontrol (VIII B). Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu tes, angket (kuesioner), observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan, pada hasil belajar kognitif diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 untuk Kelas A dan Kelas B. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga H_0 ditolak. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan, pada hasil belajar Afektif diperoleh nilai signifikan sebesar 0,005. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga H_0 ditolak. (3) Terdapat pengaruh pada hasil belajar Psikomotorik, bahwa nilai signifikan sebesar 0,000. Nilai tersebut lebih kecil dari nilai 0,05 sehingga H_0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153257 Renovia Rinda Devikarani
Date Deposited: 04 Jul 2019 02:33
Last Modified: 04 Jul 2019 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11835

Actions (login required)

View Item View Item