POLA INTERAKSI EDUKATIF GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MAULUDIA RAHMATUL FIRDAUS, 17201153100 (2019) POLA INTERAKSI EDUKATIF GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (798kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (557kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (896kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pola Interaksi Edukatif Guru Akidah Akhlak dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Mauludia Rahmatul Firdaus, NIM 17201153100, pembimbing Anissatul Mufarokah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : Interaksi Edukatif Guru, Motivasi Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif, yang mana situasi edukatif tersebut bertujuan untuk memotivasi belajar siswa. Dalam pola interaksi edukatif guru melibatkan beberapa bentuk pola interaksi dan komponen-komponen yang berada didalamnya. Fenomena-fenomena tersebut terjadi di MTs Darul Falah, yang peneliti jadikan lokasi penelitian, interaksi pendidikan sudah berjalan dengan baik sehingga mampu membangkitkan motivasi belajar siswa. Hal tersebut terbukti dari adanya antusias belajar siswa yang cukup tinggi. Untuk itu peneliti tertarik membahas dan menggambarkan lebih jelas tentang pola interaksi edukatif guru akidah akhlak dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Adapun fokus penelitian ini: (1) Bagaimana pola interaksi aksi guru Aqidah Akhlak dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung?, (2) Bagaimana pola interaksi guru Aqidah Akhlak dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung?, (3) Bagaimana pola interaksi transaksi guru Aqidah Akhlak dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung? Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah person, paper, dan place. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajina data, dan data verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui waktu pelaksanaan obervasi diperpanjang, observasi yang kontinu dan triangulasi. Hasil penelitian ditemukan sebagai berikut, 1) Interaksi aksi guru aqidah akhlak dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa menggunakan pendekatan teacher centered (pembelajaran didominasi oleh guru)., menggunakan metode ceramah sebagai implementasi dari strategi ekspositori., pemanfaatan media gambar., lebih memanfaatkan guru sebagai sumber belajar dan masih membutuhkan penjelasan., menyajikan materi yang sifatnya masih baru., dan melakukan feed back berupa pemberian penguatan, teguran dan hukuman. 2) Interaksi guru aqidah akhlak dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa menggunakan pendekatan teacher centered dan pendekatan student centered (gurubersifat lues dan fleksibel)., penggunaan metode talking stik dan tanya jawab sebagai implementasi dari strategi inqiury dan ekspositori., pemanfaatan media poster, lebih memanfaatkan LKS, guru, dan siswa, sebagai sumber belajar., menyajikan materi yang sifatnya luas., dan melakukan feed back berupa pertanyaan dari guru ke siswa. 3) Interaksi transaksi guru aqidah akhlak dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa menggunakan pendekatan student centered (guru memberikan secara penuh kepada siswa dalam menemukan konsep pembelajaran)., menggunakan metode diskusi dan jigsaw sebagai implementasi dari strategi inquiry., pemanfaatan media poster., lebih memanfaatkan Al-Qur’an, hadist, kitab, dan peristiwa sebagai sumber belajar., menyajikan materi yang sifatnya universal dan menyeluruh., dan melakukan feed back dari siswa ke siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mauludia 17201153100 Mauludia Rahmatul Firdaus
Date Deposited: 03 Jul 2019 02:55
Last Modified: 06 Apr 2020 01:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11837

Actions (login required)

View Item View Item